Ayo ikut Postcrossing Project

Hello Postcrosser!. Here. . I am Denissa, I have been postcrosser since May 2011.

Apakah kalian pernah berfikir untuk mengirim kartu pos? Jika kalian menjawab tidak pernah. Ya, saya juga tidak pernah berfikir untuk mengirim kartu pos. Saya pernah berfikir, “untuk apa kartu pos? perangko? toh sekarang zaman sudah  maju, mau kirim pesan ya tinggal lewat email ke belahan dunia mana pun bisa”.

Hingga delapan bulan yang lalu (sekitar bulan Maret) teman saya mengajak saya untuk bergabung dengan forum http://www.postcrossing.com . Teman saya membawa banyak kartu pos yang memiliki gambar bagus dan ada tulisan tangan pengirim dengan bahasa Inggris & bahasa negara dia berasal. Seketika itu saya berfikir, menarik sekali bertukar kartu pos dengan orang dari luar negeri. Kita bisa melatih kemampuan kita menulis sekaligus mempromosikan Indonesia ke luar negeri. Ya! Saatnya kita berbuat kecil untuk negeri tercinta ini :D . Saya pun langsung mendaftar ke forum tersebut.

Postcrossing adalah sebuah projek yang memungkinkan anggotanya bertukar kartu pos. Anggota postcrosing sendiri berasal dari hampir seluruh negara di dunia. Jadi, jika kamu orang Indonesia bisa saja kamu mendapatkan kartu pos dari negara yang bahkan belum pernah kamu dengar namanya. Menarik bukan?

Cukup dengan kartu pos seharga Rp1500 s.d Rp4000 dan perangko seharga 3000(untuk Asia), 4000(untuk Eropa), 5000(untuk Amerika) kamu sudah bisa mengirimkan kartu pos.

Peraturannya sangat mudah diikuti, yaitu:

Setelah kamu mengirimkan sebanyak 5 kartu pos, maka tunggu sekitar 1 s.d 2 minggu dan pak pos akan datang padamu untuk memberikan kiriman kartu pos dari luar negeri. Kartu pos yang dikirimkan juga beragam macamnya disertai perangko yang bagus. Kalo soal perangko, negara kita juga ga kalah kok, filateli Indonesia punya perangko yang bagus juga harganya juga bermacam ada yang Rp1000, Rp1500, Rp2500, Rp3000, Rp4000, Rp5000, Rp7500, Rp10000. Contoh perangko di negara Indonesia bisa dilihat di sini

Di bawah ini yg harus kamu siapkan saat memulai bergabung dengan postcrossing:

1. Email aktif
Ya, ini paling penting karena setiap informasi akan dikirimkan ke email yg telah kamu daftarkan. Baik yahoo/gmail/hotmail apa saja boleh yang penting email tersebut masih aktif.

2. Kartu Pos dan Perangko
Ini juga penting, ya kan mau kirim kartu pos masa ga punya perangko n kartunya,hehe kalo bingung mau beli di mana, saya pernah menulis artikel berjudul “membeli kartu pos”. di sini

3. Koneksi internet

Entah via HP atau PC. Website postcrossing bisa kita akses dengan jelas via Operamini kok. Saya sering melakukannya untuk sekedar register kartu yang baru saya terima ataupun meminta alamat yg akan saya kirimkan kartu pos.

Sudah siapkah semuanya? Sekarang saya jelaskan cara main postcrossing.

Ide awal postcrossing sederhana, kita kirim kartu pos ke luar negeri dan orang luar negeri yang dipilih secara acak akan mengirimkan kartu pos ke alamat kita. Begini cara memulai postcrossing :

1. Daftar terlebih dahulu, Klik Sign Up pada halaman postcrossing. Lengkapi semuanya yang harus diisi. Catatan penting pada bagian alamat harus ditulis selengkap-lengkapnya pakai kelurahan, kecamatan dan kodepos + tulisan Indonesia nya ya😉

daftarpostcrossing

2. Setelah membuat akun postcrossing, kamu sudah bisa mengirimkan kartu pos keluar negeri. Cara meminta alamat orang yang akan kamu kirimkan kartu pos, klik Send Postcard pada bar sebelah kiri. Akan muncul halaman Send a Postcard. Ceklis dan Klik Request an Address.

daftarpostcrossing_2

3. Setelah kamu klik Request an Address maka akan muncul nomor kartu pos dan Alamat postcrosser yang harus kamu kirimkan kartu pos. Ingat untuk selalu menuliskan ID yang tertera pada kartu pos yang kamu kirimkan. ID ini lah yang akan digunakan penerima saat mendaftarkan kartu pos milikmu yang sudah sampai. Di postingan ini berarti saya harus kirimkan kartu pos ke Yue di China dengan No Kartu pos ID – 79581. ID ini biasanya dituliskan di bagian atas kemudian saya beri kotak merah supaya jelas.

daftarpostcrossing_3

4. Bukalah halaman Penerima lalu bacalah profil penerima, di sini Yue menuliskan bahwa ia suka postcard illustrasi. Jika masih bingung mau mengirimkan kartu pos jenis apa ke penerima, langsung cek aja favoritnya pada wall of postcards penerima yang ada di sebelah kanan bawah profil penerima.

daftarpostcrossing_4
daftarpostcrossing_6.

6. Setiap alamat yang kamu minta akan langsung diteruskan ke email yang kamu daftarkan di situs postcrossing. Jika kamu ingin tahu perjalanan kartu pos kamu sudah berapa hari, atau ingin lihat-lihat lagi profil penerima bisa langsung cek Send Postcard dan kamu juga bisa upload kartu pos yang kamu kirimkan untuk penerima di menu Sent Postcard .

daftarpostcrossing_7_sentcard

 

7. Tunggu 2 – 4 minggu dan kamu postcardmu akan terkirim. Setelah terkirim, maka orang luar negeri lah yang akan mengirimkan kamu kartu pos. Ditunggu saja!🙂 Dan setelah kamu dimenerima kartu pos orang lain pun, kamu harus meregistrasinya di menu Register Postcard. Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada penerima🙂 (maaf saya belum bisa screen shot karena saya belum dapat postcard baru untuk diregistrasi).

Saya mulai ikut project ini karena tertarik menerima kartu pos yang berasal dari luar negeri sekaligus ingin memasarkan pariwisata Indonesia. Selain itu tulisan tangan si pengirim kartu juga berharga menurut saya. Bagaimana perjuangannya mulai dari membeli kartu, menulis dengan tangannya sendiri, menempelkan perangko, dan memasukanya ke kotak pos… untuk kartu pos yang sudah saya terima bisa dilihat di blog wordpress ini. Saya juga sering bertukar kartu pos diluar perhitungan postcrossing / private swap beberapa postcard dalam amplop.

Apa kamu tertarik? Semoga menginspirasi ya! Masyarakat muda Indonesia jangan hanya memenuhi twitter atau facebook, Ayo gabung dengan postcrossing.com. Kembalikan kejayaan perangko yuk! postcrossing paling pas untuk kamu yang ingin bersahabat pena dan mengetahui kebudayaan orang lain🙂

Happy postcrossing :)

5 thoughts on “Ayo ikut Postcrossing Project

  1. kak denisa, mau tanya dong, aku pertama kali mau kirim pos nih, dapet alamat dari rusia, kira kira sampai rusia berapa lama ya?? terus cara ngirim ke kantor pos nya cuma kartunya aja ?? tanpa ada pelindung atau apa pun nih??

  2. halo kak denisa, aku mau tanya dong, aku baru pertama kali ikut post crossing, alamat yang aku dapet pertama kali buat kirim pos Russia, kira-kira sampai sana berapa lama ya? terus ngirim pos nya cuma kartu aja ? tanpa pelindung apa pun? makasih kak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s