Membeli Kartu Pos

Mencari kartu pos di Indonesia sama sulitnya dengan mencari penjual kue rangi (kok jadi kue). hehe.. Ya, menurut saya kartu pos sekarang hanya dicari oleh kalangan tertentu saja. Oleh penggemar filateli atau postcrossing. Saya pernah mencari kartu pos di toko buku ka***ma di Sukabumi. Rencana awal sih, ingin kartu pos yang bagus dan beda desain dari yang dijual di toko buku gra***ia. Tapi setelah saya puter puter toko itu tidak ada satu pun kartu pos. Yang ada hanya kartu ucapan. Saya tanya masnya dan dia menjawab “kami memang ngga jual mba!”. wah, memang ya susah sekali mencari kartu pos yang unik. Pilihan akhir lagi-lagi ke toko buku gra***ia. 

Lalu, bagaimana kita bisa mendapatkan kartu pos?

Pertama, kita bisa mengunjungi kantor filateli. Kalau di Bogor sih di depan kantor BCA pusat yang ada di dekat kebun raya Bogor. Kisaran harganya 2500 s.d 5000/pc ada juga yang dijual satu paket. Menurut saya kartu posnya lumayan bagus, karena selain kartu pos Foto, ada juga kartu pos tracing tentang rumah adat dll. Kertasnya juga lumayan.

Kedua, kunjungi lapak lapak kecil di luar kantor pos. Di sana ada juga yang menjual kartu pos. Saya pernah beli kartu pos dengan gambar jadul. Harganya sekitar 1500 -2000 ya.. pinter pinter nawarnya aja🙂.

Ketiga, Sepertinya kartu pos ada di tempat yang banyak di kunjungi wisatawan. So, saya sih nitip sama temen saya di Bali untuk membelikan kartu pos.

Keempat, ayo cari di facebook. Disana ada beberapa akun fb yang menjual kartu pos. Harganya kisaran 2500/pcs. Saya pribadi belum pernah mencoba beli jadi belum bisa cerita banyak.

Kelima, Bikin sendiri kartu posnya. Bisa melalui adobe illustrator dengan menggunakan foto yang ada di kamera kita. Atau jika jago gambar, silahkan bereksperimen. Selesai editing, cukup bayar 5000 di digital printing kita bisa mendapatkan 8 kartu pos sekaligus. Ingat pake kertas nya Art karton supaya kartunya lebih tebal.

keenam , ini pilihan yg paling sering dilakukan. Carilah di toko buku yang paling besar di kota kamu. Saya sebut merk aja ya; Kalo di Bogor cuma ada di Gramedia yg di Botani. Kalo Jakarta banyak, Ada di Kinokuniya, Periplus, Pasaraya Grande bagian crafting lt.3 dan di Times..
Saya sendiri pernah belinya di Kinokuniya Plaza Senyan, harga kartu posnya 4000/pcs. Kebanyakan sih keluaran Keris sama Impact. Kalau di Times bookstore keluaran Singapur, tapi menurut saya lebih bagus karena kartuposnya lebih tebal dan lebih tajam warnanya. Harga di times bookstore @3500/pcs. Terkadang aa promo beli 2 gratis 1. Saya biasa belinya di Times bookstores Plaza Semanggi sama Di Perpus pusat UI. Ada juga sihdi pejaten, tapi belum pernah mampir. Sementara di Pasaraya grande, artpostcard @5000/pcs. Bagus sih, tapi ngga diupdate, jadi berkesan stok lama yang ngga laku..ckck

Yapss, segitu dulu info dari saya. Semoga bisa membantu teman-teman yang sedang mencari kartu pos.

14 thoughts on “Membeli Kartu Pos

      • ahh sayang sekali belom ada yg jual yaa.. kemaren ini saya lihat facebook orang punya postcard map indo. saya tanya beli dimana ga dibales2 😦 btw tau ga klo cari perangko bagus2 dimana? Heehe Thanks🙂

      • ia, pas jelajahi ngga ketemu sama map postcard gitu. Kalau mau cari di filateli aja di kantor pos besar masing-masing kota. Kalau di Bogor, di kantor pos di deket kebon raya. Atau bisa lwt internet http://www.e-fila.com . Kalo ga salah baca minimal pesannya 100rb, langsung ke websitenya aja😉

      • Ohh ok thanks infonya🙂 sebenernya tadinya saya ga peduli sama perangko yg ditempel sm post tapi pas swap postcard ada yg minta special perangko. btw saya baru buka webnya. Sebenernya minisheet,stamp, perangko itu sama aja kan? bedanya apa ya? maklum newbie nih sm prangko😛

      • kalo di kantor pos biasanya yg bunga bunga, kurang bagus untuk dikirim-kirim, hhe
        Dua dua nya sama aja perangko bisa dikirim. Tapi yg minisheet itu lebih untuk dikoleksi karena framenya nyambung sama perangkonya. Biasanya 1 perangko isinya. Duh susah jelasinnya :s, tapi smoga ngerti ya.. newbie jg nih bukan kolektor perangko,hehe

  1. kak kalo ngirim postcard yang di post crossing itu harus real postcard bukan hanya sekedar image aja, atau gimana?
    Soalnya kau juga masih baru banget di postcrossing tetapi tertarik banget, mohon bantuannya ya kak,makasih

    • halo, iya real postcard pake perangko dan belinya di kantor pos ya🙂..
      bukan sekedar image karena kita nulis di kartu pos itu dan memasukannya ke kotak pos.

      maaf baru bales, kalau mau dijawab cepet mention aja @denissapp terimakasih sudah mampir🙂

  2. Hi salam kenal Denissa🙂 aku juga newbie postcrossing. lumayan susah ya cari kartu pos Indonesia, gambarnya itu2 saja. Kan gak lucu kalo ternyata yg kita kirimin udah dapet kartu pos yg sama hehe..

Leave a Reply

