Sahabat Pena [iga]

Sahabat Pena?

Saya mengetahui istilah itu saat masih SD. Ingat sekali di majalah Bobo saat itu ada ulasan tentang Sahabat pena. Ya, sahabat pena adalah sahabat yang sangat jauh dari tempat kita tinggal. Malah terkadang belum pernah kita temui dan cara berkomunikasinya hanya dengan silih berganti menuliskan surat.

Pada zaman serba modern seperti sekarang surat sudah sangat jarang digunakan. SMS jauh lebih mudah dan murah dibandingkan mengirim surat. Sahabat pena pun tidak lagi sebatas sahabat dalam negeri saja. Facebook/ twitter/ postcrossing dan berbagai situs pertemanan membuat semuanya menjadi mungkin.

Baru-baru ini saya menjalin pertemanan dengan seorang gadis kelas X SMA dari Polandia. Namanya Iga. Pertemanan kami berawal dari dia yang mengirimi saya pesan untuk bertukar kartu pos dengannya sekitar bulan September tahun lalu. Saya pun mengiyakan. Dia mengirimkan saya kartu pos dengan pemandangan dari kota dia tinggal ” Bydgoszcz, Poland”. Sementara saya mengirimkan dia kartu pos dengan gambar Bali. Saya bertukar facebook dengannya pula.

From Iga

Di bulan November dia menghubungi saya kembali melalui email. Dia meminta saya untuk bercerita tentang sekolah di Indonesia karena dia akan memuatnya di koran sekolah. Saya pun membantu nya dengan menuliskan 1 halaman dan mengirimkan ke emailnya.

Tidak sampai disitu, ternyata dia meminta izin untuk menggunakan foto saya dan teman teman saat wisuda bulan september lalu. Saya pun mengiyakan. dan inilah hasilnya🙂

written by iga my penpal

Sampai sekarang hubungan kami tetap baik. Bahkan saya mau bertukar kartu pos lagi dengannya. Saya menginginkan kartu pos tentang EuroCup 2012 yang kebetulan di tahun akan dilaksanakan di Polandia dan Ukraina.

Itu cerita saya dengan sahabat pena saya Iga. Melalui berteman pena dengan orang asing kita sedikit demi sedikit mengasah kemampuan menulis bahasa asing. Kita juga bisa mengetahui kebudayaan asing sekaligus memamerkan kebudayaan yg kita punya. Jadi, mulai lah bersahabat pena ya temans! Semoga menginspirasi.😉

2 thoughts on “Sahabat Pena [iga]

Leave a Reply

