Yang Menarik dari 2012 World Stamp Championship and Exhibition @JCC


Halo lagi postcrosser, Selasa kemarin saya datang ke JCC untuk pameran filateli dunia. Itu kali pertama saya datang ke pameran perangko. Masih ragu untuk datang ke JCC? Mungkin yang saya tulis bisa memacu kalian untuk datang😀. Di bawah ini alasan Kenapa harus datang ke 2012 Indonesia World Stamp Championship and Exhibition.

1. Ini Surganya pehobi benda pos (philatelic and numismatik)

craft booth

Creative panel

Ada sekitar 2700 panel yang ditampilkan di sini. Belum lagi panel kreatif yang bisa kita temui di dekat pintu utama. Banyak juga booth penjual perangko, uang, atau pun dari berbagai negara di Dunia. Ada lebih dari 50 booth  Negara-negara di antaranya Negara Jerman, Korea Selatan, Korea Utara, Inggris bahkan Negara yang baru saya dengar negaranya seperti Tokelau, Nive, dan Aruba. Berbagai koleksi perangko mereka tampilkan dan ada pula yang dijual. Tentunya dengan harga mereka yang diubah jadi rupiah. Jika kamu seorang filatelis pastinya harus siap dengan budget yang lumayan karena banyak barang yang bikin ngiler.. sayang kan kalau ga bawa ‘oleh-oleh’ dari event sebesar ini.. hehe.. Untuk yang merasa “saya bukan filatelis dan kolektor uang” , Saya juga bukan.. tapi dengan datang ke pameran sebesar itu saya merasa Indonesia dihargai sekali oleh banyak negara, dan saya mengambil kesimpulan betapa orang bule cinta sama Indonesia.. dilihat dari banyaknya turis yang datang, beli perangko dan beli produk kerajinan Indonesia dari banyak booth UKM yang ada di sana.

2. Ada Minisheet Spesial hanya dijual di pameran(souvenir sheet)

Di sana kita bisa menemukan kantor pos Indonesia yang bagus sekali. Ada Minisheet yang hanya di jual saat pameran dan uniknya setiap hari mereka mengeluarkan minisheet yang berbeda. Seperti misalnya minisheet Badak, yang keluar tanggal 19 Juni kemarin dan minisheet wayang yang dijual di hari pembukaan tanggal 18 Juni. Harga minisheetnya 5ribu. Sekedar bocoran, hari Sabtu nanti pos mengeluarkan minisheet  Anggrek dengan tema  lingkungan hidup. Bocorannya saya dapatkan dari brosur daily program dari JCC kemarin. Minisheet tersebut bisa kita koleksi ataupun langsung ditempel di postcard untuk dikirimkan.

3. Dapatkan Cap pos khusus saat pameran.

special postage stamp -Indonesia-

special postage stamp -Germany-  special postag stamp South Korea

Bosan dengan cap pos Indonesia yang kesannya kaku dan gitu-gitu aja?, di WSC kita bisa temukan cap pos khusus sesuai tema hari pameran. Selasa kemarin saya mendapatkan cap khusus wayang dengan tagline bhinneka tunggal ika alias “Unity in Diversity”. Cap pos paling bagus yang saya dapatkan selama satu tahun rajin ke kantor pos. hehe.. Oia, ada cap khusus juga loh yang  pake mesin. Hasil capnya ada tulisan “REPUBLIC OF INDONESIA”.  Menurut bapak penjaganya, mesin cap itu punya 3 jenis gambar yang bergiliran diganti setiap harinya. Jadi, pertama gambar X misalnya, nah hari ke- 4 akan ada gambar X lagi di mesin itu.

Saran saya untuk para para postcrosser, sebaiknya minta alamat di forum postcrossing dari sekarang dan kirimnya saat pameran. Pasti bagus deh perangko dan cap pos nya😀. Atau boleh juga bawa kartu pos untuk dicap-cap disana :p.

4. Souvenir GRATISS!!

Thailand postcard and philatelic passport

Ini yang paling asik. Kita bisa mendapatkan Buku gratis yang disebut “Philatelic Passport”. Di dalamnya ada nama berbagai Negara yang memiliki booth di pameran tersebut. Lalu apa yang menarik dari Philatelic Passport? Yang menarik adalah kita bisa mengumpulkan perangko dan cap pos dari berbagai negara peserta untuk kemudian ditempelkan dan di cap di buku tersebut*.  Harga perangkonya rata-rata 5ribu, dan saya hitung ada 58 negara peserta, jadi jika ingin semua terpenuhi mungkin butuh sekitar 300ribu😮, Saya sendiri baru mengumpulkan 3 perangko dan cap khusus dari Negara Indonesia, Jerman, dan Korea Selatan. Penjaganya rata-rata ramah loh,  Siapkan bahasa inggris sederhana saja😀 . Oia, di sana juga ada maskot bapa dan ibu pos berpakaian oren. Eyecatching,. Sayangnya bukan mascot komodo yang dipilih, padahal saya lihat maskot itu di websitenya..zzz

5. Lukisan Pak Presiden Suharto dan Ratu Elizabeth

Lukisan Perangko Pak Presiden Suharto

Di pintu masuk menuju pamerannya ada lukisan Almarhum Pak Presiden Suharto dan Ratu Elizabeth, yang menarik dari lukisan ini adalah.. Lukisan terbuat dari ribuan perangko dan masuk rekor muri. Lukisan Pak Harto berasal dari perangko Pak Harto begitu juga Lukisan Ratu Elizabeth berasal dari ribuan perangko Ratu Elizabeth. Berseni sekali ^^

Dari keseluruhan yang ada di pameran tersebut mungkin 5 hal tersebut yang menarik perhatian saya. Pokoknya untuk yang masih ragu untuk datang saya Cuma mau bilang. . . Tahun-tahun berikutnya belum tentu pameran sebesar ini dilaksanakan di Indonesia loh.. Jadi jangan nyesel yah..!! ahaha.. cu

PS *ketersediaan philatelic passport tanya panitianya aja yah🙂

Leave a Reply

