Official Ukraine & Polska Postcard – Poland

Postcrossing; sebuah jejaring yang memiliki 332,695 member dari 208 negara berbeda. Jumlah 332,695 member itu memungkinkan kita mendapatkan kartu pos dari sejumlah orang yang berbeda-beda. Memang sih tidak sebesar member Facebook yang walaupun akun palsu nya sudah banyak yang dihapus tapi tetap saja jumlah membernya di Indonesia sudah lebih dari 40 juta. Tapi tetap menurut saya angka 300ribu lebih itu adalah angka yang besar untuk sekumpulan orang yang masih mau tuker-tukeran selembar kartu dan perangko.

Bulan lalu, seperti biasa saya meminta alamat untuk dikirimi kartu pos. Anehnya, alamat yang muncul adalah alamat orang yang pernah direct swap dengan saya bulan Juni kemarin. Tertuju pada “Ola, Polandia”. Bayangkan, dari 332,694 orang yang terdaftar di situs tersebut. Ola lah yang harus saya kirimkan. Ajaib..

Karena agak spesial, kartu pos official yang saya kirimkan itu saya amplopi dan saya kirim gantungan pernikahan karena lihat di profil postcrossingnya kebetulan ayah dan ibunya sedang merayakan 25tahun pernikahan. Saya hias hias sedikit dan kirimkan dengan perangko-perangko Indonesia bekas yang saya punya.

Hanya 2 minggu perjalanan, amplop itu tiba di rumahnya. Dia menuliskan email sekaligus mendaftarkan postcard yang saya kirimkan. Di email tersebut dia berterimakasih dan menyampaikan salam dari orang tua dan pacarnya. Kemudian berjanji untuk mengirimkan saya surat.

Dan.. Tanggal 20 kemarin, suratnya pun tiba. Hanya 7 hari sudah sampai dengan utuh di tangan saya. (lebih cepat dari luar negeri daripada ke luar negeri ya :p). Dia menceritakan banyak hal di selembar kertas A4; tentang pacar, kuliah, liburan sampai ayahnya. Tidak lupa dengan used stamp,  official euro postcard dan bunga – bunga yang dia temukan diperjalanan menuju rumah pacarnya. Ada pertanyaan juga yang harus saya jawab nih alias dia bermaksud baik nampaknya. Tanpa direncanakan bisa jadi sobat pena nih.. hehe. .

Ya, bermula dari direct swap, lanjut official dan kemudian menjalin pertemanan dengan orang di sebrang lautan. Salah satu cara saya supaya bisa nulis terlebih mengetahui kebudayaan orang di belahan dunia lain. Happy postcrossing!

One thought on “Official Ukraine & Polska Postcard – Poland

  1. memang menakjubkan, di antara sekian banyak member di Postcrossing kok bisa2nya ya kita dapat alamat orang yang sebelumnya kita pernah kontak via direct swap, ahahahahaha :))

Leave a Reply

