Tulis Apa di Kartu Pos?

postcard sent

Kartu pos sudah siap, perangko siap, nomor ID lengkap, alamat sudah ditulis lengkap. Lalu menulis apa ya di kartu pos?

Kadang saya juga suka bingung mau menulis apa di kertas persegi panjang itu. Nulis tentang gambarnya? hmm.. gambar di kartu pos yang saya berikan belum tentu pernah saya kunjungi jadi mana mungkin cerita pengalaman saya di tempat itu. Ujung-ujungnya saya googling tentang tempat wisata yang ada di gambar kartu pos itu sekalian nambah wawasan juga sih,hehe

Saya tidak suka menerima kartu pos yang cuma bertuliskan “happy postcrossing” atau “greetings from xxxx“, ga niat abis. Pun saya tidak suka mengirimkan kartu pos blank. Kecuali jika mereka meminta kartu pos kosong. Saya ingin kartu pos saya penuh. Walau ide untuk menulis itu kadang bener bener ngga ada :p

Cara ini mungkin menginspirasi teman-teman postcrosser yang juga suka kehabisan ide menulis.  Berikut yang biasa saya tuliskan di kartu pos ketika kehabisan ide.

1. MENGGAMBAR YUK!!

drawing on postcard

Ini yang paling saya suka lakukan, menulis sedikit cerita diri dan menggambar. Kalau soal kemampuan menggambar saya juga ngga jago-jago amat. Tapi demi membuat tulisan di kartu pos saya penuh, saya pun lakukan ini. Misalnya: Kartu pos nya tentang pemandangan TanaToraja. Lalu yang saya gambar adalah rumah adat tanatoraja + sedikit cerita tentang toraja pakai pulpen warna warni. Saya juga suka menggambarkan peta Indonesia dan menunjukan dimana saya tinggal pada peta yang saya buat.

2. TRANSLATE

Ini bener bener cara lama saya supaya kartu pos keliatan penuh tulisan. Saya menulis dalam bahasa Indonesia di beberapa baris kartu pos. Kemudian saya terjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Bahkan ketika saya iseng, biasanya saya menulis dalam bahasa Sunda, kemudian diterjemahkan ke bahasa Inggris. :))..translatinf

3. TEMPEL STIKER

Kalau udah mentok saya biasa menempelkan beberapa stiker timbul/stiker kertas. Ngomongin cuaca, tempat tinggal dan hewan peliharaan. Tak lupa saya gambar muka saya sendiri(pede bgt ahha:)) di kartu pos itu bareng dengan gambar cico (kucing saya) dan kotak pos Indonesia. (seperti yang ada di header blog saya ini).

4. BACA PROFIL PENERIMA

Saya suka membaca baik-baik profil penerima. Kalau dia suka binatang saya cerita binatang, kalau dia suka olahraga saya pasti cerita kalau saya suka banget sama Juventus dan MotoGP Jorge Lorenzo. Namun jika yang dia sukai tidak sesuai dengan minat/hobi saya, saya hanya menceritakan hal hal umum seperti tinggal dimana, hobi apa, suka nonton film apa, quotes, dan saya biasa bertanya tentang apakah mereka pernah datang ke Indonesia dan bagaimana menurut mereka. Jika ada pertanyaan di kartu pos, biasanya penerima menjawab saat meregistrasi kartu pos kita di forum postcrossing.

5. PAMERKAN FONT SPESIAL KITA

Saya lebih suka yang berhubungan dengan gambar dan bentuk, berbagai bentuk huruf sangat menarik untuk saya. Jika postcrosser yang saya kirim berasal dari Jepang/Korea/Thailand/Russia atau negara lain yang punya typeface (fonts) yang khas, saya juga ga mau kalah dong.. :p Indonesia juga punya kok font yang unik. Kebetulan saya dari Jawa Barat jadi pernah belajar nulis Aksara Sunda dan segala aturannya. OOT: Jalan Raya di Jawa Barat ada tulisan Aksara Sundanya lho. .

yang belum tau, aksara sunda seperti ini

sumber gambar

Nah, saya biasanya menuliskan nama penerima dalam Aksara Sunda. Jangan kalah sama katakana, hiragana,cyrillic dll.

Terakhir saat kartu pos sudah penuh dengan tulisan jangan lupa untuk ajak mereka datang ke negara kita Indonesia.😀 Segini dulu tulisan saya tentang menulis di kartu pos. Semoga meginspirasi teman-teman yang kebingungan mau menulis apa di kartu pos. Hehehe

Selamat bertukar kartu pos😉

36 thoughts on “Tulis Apa di Kartu Pos?

  1. aaaahhh.. Denissa! itu wong gambarnya bagus begitu kook!! suka ngeliatnya, hahaha..

    kalau gua biasanya nempel kertas warna warni, hahaha.. jadi biar kata bagian belakang juga tapi ada nuansa ceriaa😀

  2. Ya ampun.. ternyata Sunda punya aksara juga yak… baru tau. saya malah tahu-nya honocoroko (aksara Jawa), padahal keluarga semua dari Bogor #DitimpukLeluhur

    kalau saya biasanya no 2 sama no 4😀

    • halo, wah makasih sudah berkunjung..
      direct swap itu tukeran jalur pribadi jadi kita ngajak postcrosser lain untuk tukeran kartu pos. Ngga dihitung di web postcrossing. caranya lihat di profil postcrosser yang mau kita ajak tukeran kartu. Kalau ada tulisan Direct swap: “Yes” berati dia mau tukeran kartu pos diluar postcrossing. Tinggal kirim massege aja ke orangnya😉

  3. halo,,saya kemarin tgl 19 baru daftar dan saya baru mencoba untuk a send postcrossing
    saya mendapat 2 negara pertama Russia dan Germany,saya mau tanya mba Deniss kalau ke Luar negeri cukup satu perangko atau lebih??terus kalau mau invite temen gi mana ya ??hehe
    maaf mba kalau banyak tanya newbie soalnya🙂 Terimakasih

    • halo juga,selamat bergabung di dunia postcrossing😀
      1 perangko bisa asalkan nominal perangko tsb cukup.
      misal 1 perangko nilainya 5000, itu cukup untuk kirim kartu pos🙂. Atau 2 perangko; 1 perangko 2000, 1 perangko 3000.

      tapi biasanya postcrosser lebih suka perangko banyak dengan nominal kecil dan bergambar lucu, seperti yg bisa dibeli di bagian filateli, bukan di kasir (yg gambar undangan/bunga bunga/gemar ikan).

  4. Terimakasih mba Dennisa atas infonya,,
    oh ya mba boleh cerita sedikit ya,,,saya tadi ke pos pusat di kawasan Pasar Baru,saya mencari kartupos sesuai dengan si calon penerima,saya kira di pos pusat itu akan ada banyak dan bermacam macam kartu pos,,ternyata saya salah
    kartu pos yang saya harapkan tidak ada semua hehe dan di beberapa toko buku pun tidak ada menjual kartupos hmm
    saya mulai kebingungan bagaimana mendapatkan kartu pos yang saya inginkan
    mungkin kalau mba Dennis ada info tempat yang menjual kartu pos lucu dan ekonomis boleh info ke saya

    Terimakasih:)

    • Halo, setelah kirim, kita tunggu penerima meregistrasi kartu yang kita kirim sebagai tanda sudah sampai.🙂 nanti kita juga akan dikirimi postcard dari orang lain secara acak di forum postcrossing

  5. Salam kenal!
    makasi denisa udah membuat post ini. Saya bukan “aktivis” postcrossing, hanya sesekali saja berkirim dengan teman, tapi dengan membaca tulisan ini, saya jadi ada ide harus menulis apa nanti, dan rasanya segera ingin cari teman bertukar postcard🙂. haha. keep sharing and inspiring!😀

    • halo Amanda, aku biasanya nulis dulu baru tempel prangko, karena ngga punya stok prangko di rumah. kasih space aja untuk 2 / 3 prangko😉
      Namun, kalau udah punya prangkonya dari rumah sebaiknya tempel dulu. baru ditulis😉

  6. OH MY GOD.. bisa ketemu iden di sini…. apakaaah bangeet ini.. hahhahahahaaa… ideeenn.. akoh lagi mau ikutan post crosing juga lhoo.. trus google deh, tips nulis kartu pos.. daaan jreeeng… ke page ini deh ketemu iden.. ngasaan kok familiar yaa.. denisa dari bogor,.. pas liat potonyaaaa… ideeeeeeeeeeeennn… hahahhahahaa,,, ideeen kangeeeenn… kamu uda master postcrosinng ny yah? uda dapet banyaak? ihh daa iden mah pinter gambar daaa.. aku mah ga jago gambaar.. hahahhahaa.. den, aku mau juga ah pake pulpen warna warni kaya ideen..😀

    • Weeeh, hola Merry, :)) masih inget kan wktu kita ketemu buka puasa tahun lalu kita dns ngomongin kartupos, ya karena ikutan ini, huhehehe.. master opo to? Skrg cuma kirim 1 aja sebulan yg dipostcrossing,. :p, skrg lebih sering directswap drpd kirim acak, karena pgennya dapet yg disukain aja😛
      Iya selamat datang di dunia postcrossing yak😀

  7. hello mba ^^ anuu saya newbie di dunia postcrossing hehe..
    jadi gini.. saya lebih ingin kirim cardpost di dalam amplop, nah dari pengalaman mba ini amplop jenis apa yg digunain+tips mengirim postcard di dalam amplop itu apa aja ? ^^ terimakasih..

    • halo, selamat datang di dunia postcrossing,
      amplopnya ampop samson aja (amplop coklat yang tebal). lalu kartuposnya di masukkin ke plastik bening dulu. lalu tempel solatip yg kuat, usahakan amplopnya pas dengan ukuran kartu jangan ada celah, nanti malah rusak. Diakali aja jika amplopnya lebih besar.

      kalau kartupos yang dikirim berbentuk selain persegi panjang, pakai kardus dulu, sebagai tatakan, supaya tdk terlipat🙂

  8. kak kok pas aku mau buka postcrossing.com nggak bisa ya? Padahal pengen banget nyoba… gara2 liat punya kakak kelasku, terus dikasih linknya. Nah pas kucoba kok malah nggak bisa ya?

Leave a Reply

