Mengirim Kartu Pos Ke Luar Negeri

posnesia GA1

Halo! Artikel ini saya buat untuk membantu postcrosser yang baru bergabung dengan dunia postcrossing .Mengirim kartu pos keluar negeri itu sama sekali gak sulit. Pertama kamu harus tau, mau kirim kartu pos ke Negara mana karena berdasarkan surat resmi dari pos Indonesia, tarif nya memang berbeda beda untuk tiap benua. Tapi karena saya postcrosser bandel, mulai 2013 ini saya pukul rata aja 5ribu ke semua negara hehe..😀

Ada dua cara untuk mengirim kartu pos ke luar negeri  yaitu;

1)  Pakai perangko yang dijual di kantor pos dengan nominal tertentu .

postdenkartu

Caranya; Siapkan kartu pos yang sudah ditulis alamat lengkap siap kirim dan langsung ke kasirnya untuk beli perangko. Jumlah perangkonya sudah pernah saya bahas di sini. Setelah itu tempel perangko dan titip di kasir posnya langsung. Kalau udah punya perangko dan memang sudah menempelkanya di rumah tinggal masukkan saja ke kotak pos, tapi kotak posnya yang ada di kantor pos pusat ya, supaya lebih terjamin.

Sedikit catatan, perangko yang dijual di kasir itu biasanya kurang eyecatching alias ga bagus gambarnya. Jadi kalau mau beli perangko yang bagus bisa melalui web efila atau langsung ke bagian filateli di kantor pos pusat dikotamu.

Keuntungan pakai perangko adalah penerima kartu pos akan lebih senang karena banyak diantara postcrosser adalah filatelis; mereka suka mengumpulkan perangko bagus dari berbagai negara^^

Kelemahan pakai perangko adalah kita gak akan pernah tau kapan kartu pos kita akan sampai di negara tujuan. Biasanya 2-3 minggu sih, tergantung jarak dan kesibukan pos. Semuanya masih tekateki . Ketika kita memutuskan pakai perangko berarti semua tinggal serahkan kepada takdir sampai/tidak sampai :p. Resiko terburuk mengirimkan kartu pos atau pun amplop dengan perangko adalah hilang. Kadang perangko yang tertempel juga bisa lepas/ rusak diperjalan menuju negara tujuan.

2) Pakai surat tercatat ( RLN/EMS )

paket untuk Ola

Untuk yang satu ini semuanya ditimbang terlebih dahulu oleh kasir. Untuk tarifnya sendiri bisa dilihat di pos indonesia . Sebagai contoh, saya pernah nyoba kirim ke Polandia dengan berat kurang dari 100gr dan saya harus bayar 49ribu. Empat puluh Sembilan ribu ini nominal yang saya harus bayarkan dan tidak bisa diganti dengan perangko senilai 49ribu.

Keuntungan pakai surat tercatat ini adalah paket kita lebih besar kemungkinan akan sampai. Lama waktu pengirmannya +- 2 minggu. Kita juga akan menerima surat dan no resi pengiriman (nomor bukti pengiriman).

Kelemahannya, harganya lumayan mahal karena tercatat, lalu ga ada perangkonya, jadi mengurangi nilai kegembiraan jika penerima nya adalah filatelis atau pecinta perangko cantik

Selain itu kadang ada biaya tambahan untuk pengiriman RLN/EMS ini; 7ribu untuk packing plastik dari kantor pos.

Ya segini dulu info dari saya tentang mengirimkan kartu pos ke luar negeri. Semoga bermanfaat untuk postcrosser yang baru bergabung. Happy Postcrossing! Untuk yang belum gabung, yuk ikutin kenalin Indonesia lewat kartu pos via web postcrossing teman-teman^^

79 thoughts on “Mengirim Kartu Pos Ke Luar Negeri

    • wah, nggak juga, tapi sebaiknya jika pakai perangko untuk mengirim kartu pos, amplopnya jangan terlalu besar.🙂 Karena tahun 2012 lalu kirim kartu pos pakai amplop ukuran folio ke eropa ngga sampai.

      kalau untuk RLN karena dihitung beratnya dan ada bukti pengiriman jadi ngga pengaruh juga ukuran amplopnya.

  1. hallo kak…. aku baru kenal postcrossing…. itu kita tulis alamat kita pakaibahasa indo gitu ya ?
    kayak begini : Jl.xxxx no.x , xxx(nama daerah) , Indonesia
    begitu ?? makasih kak..

  2. Mau tanya, bagaimana cara mengisi kartu pos yg halaman depannya full foto sehingga yg bisa ditulisi hanya 1 sisi? Dimana harus menulis alamat penerima dan pengirim? Karena saya hanya menemukan 1 tempat untuk menulis alamat. Apakah alamat pengirim tidak perlu dicantumkan? Trims.

  3. Hai kak terimakasih telah menulis artikel ini. Alhamdulillah telah menginspirasi saya. Saya telah bergabung postcrossing dan akan mengirim segera.🙂
    Itu postcard yang di atas keren! bikin sendiri atau beli?

  4. mau nanya nih kak, kan kalo pake surat (RLN) itu ngga bisa pakai perangko, nah kalo misalnya kita masukin perangko ke dalem surat bareng sama kartu posnya itu gimana yah? *maksa banget* makasih sebelumnya:)

  5. Hai, mau nanya nih. Sekarang tarifnya masih 5 ribu per kartupos nggak ya? Terakhir ngirim sih bulan lalu (pake perangko 5 ribu) dan ada beberapa yang belom register postcard yang aku udah kirim. Jadi sedih haha. Trus emangnya bisa 10ribu 3 kartu dimasukkin ke 1 amplop? Tujuannya mesti satu dong, apa gimana? Thanks before

  6. Kak kalo kita mau ngasih alamat kita ke orang yg mau kirim surat ke kita. Pake bhs inggris atau pake b. Indo ? Dan alamatnya apa aja? Makasih

  7. Mbaak, mau nanya nih. Kalo kita ngirimin surat (pake amplop) terus kita ‘nyelundupin’ permen / sticker pack / koin di dalemnya, abis itu dikirimin pake perangko dan dimasukin ke kotak surat (yang warna oren biasa di depan kantor pos / di pinggir jalan) , bisa nyampe nggak ya? Emang kalo ngirimin kartu pos / amplop harus bilang ke petugas yang jaga ya? Makasih hehehe

  8. Halo kak! Saya abis baca2 isi blognya kakak tentang berkirim kartu pos atau postcrossing dan ternyata menarik juga😀 Saya mau coba kirim kartu pos ke beberapa teman di eropa dan akhirnya stumbling ke blognya kakak. Membantu banget isinya!❤ Setelah ubek2 lagi semakin pengen nyobain postcrossing deh, tapi saya bingung banget harus mulai dari mana. Mohon pencerahan ya kak! Terima kasih😀

  9. Hallo. Mau nanya aku mau ngirim postcard ke Portugal. Harus pake perangko gak? Dan dapetin perangkonya di mana ya? Selain di kantor pos. Thanks

  10. Halo kak, aku pengen kirim surat ke penpal pertamaku di Kanada. Tapi aku pengennya surat, bukan postcard gitu kak. terus kalo bisa aku selipin souvenir khas indonesia di dalam amplop. Apakah harus pakai EMS kak? Kalau pake prangko bisa kan? Terus kalo pake EMS mahal banget ya kak?

  11. Misi kak, mau tanya ini aku postcrosser baru. dan pengirimian kartu posku pertama ke Rusia.Tahapan buat ngirimnya di kantor pos gimana kak?.. menurut kakak lewat RLN apa EMS apa prangko? trus caranya gimana?. terimakasih bayak mohon dibalas.😀

    • halo, untuk kartu pos kirim saja pakai prangko, tidak perlu pakai RLN atau EMS, kecuali km mau kirim kartu pos dalam jumlah banyak; misal 10 kartu pos dalam satu amplop.

      Caranya, beli prangko senilai 10ribu, lalu tempelkan di kartu pos😉, tulis alamat lengkap dan kata-kata jangan lupa Nomor ID kartuposnya. Semoga membantu

  12. Aku mau nanya dong Mba,aku kan newbie banget nih baru tau juga soal postcrossing terus jadi tertarik. Nah yang jadi pertanyaan aku tuh, kalo kirim kartu pos gausah pake amplop lagi kan ya? Soalnya sama sekali ga pernah kirim kartu pos hehe maaf…

  13. hello kak mau tanya kalau ingin mengirim amplop berisi surat ke uk bisa menggunakan perangko? atau harus menggunakan rln? thanks

  14. Halo, aq mau cb kirim kartu pos nih. Mau tanya:
    1. Beli perangko bisa di kantor pos mana saja kan? Tidak harus ke pusat?
    2. Jenis perangko bisa apa saja kan? Tidak perlu perangko khusus ke luar negeri? (emang ada ya? hehe..)
    3. Begitu beli, tempel, langsung titip untuk dikirimkan, betul? (tidak perlu di kantor pos pusat?)

    Aq mau kirim kartu untuk anak ini: https://www.yahoo.com/parenting/for-son-with-cancer-mom-has-simple-request-123993805882.html Silahkan klo yang mau ikutan yah, mudah-mudahan sampai hehe..

    • halo,

      1. iya bisa dimana aja lewat teller pos nya.

      2. semua prangko yang dijual bisa dipakai, kecuali prangko lama yang biasanya untuk koleksi filateli

      3. iya bisa titip ke kasir/teller pos ny/ mobil posnya🙂

      iya smoga sampai yaa ^^ terimakasih sudah berkunjung

  15. Selamat Pagi mba.. Aku mau nanya; Kalo aku mau ngirim pke RLN, amplop.nya harus amplop yg warna coklat/putih itu, atau boleh amplop yang aku buat sendiri dari kertas bermotif? Aku mau ngirim paket RLN tapi aku mau yg amplop.nya ga terligat hambar/polos tampak luar.. Tapi aku takut pegawai pos.nya suruh ganti amplop.. Mohon pencerahan nya. Trims ~

  16. hey denisa. untuk perkiraan sampai kartu postnya maksimal berapa lama ya? saya kirim kartu post ke jerman kira2 sudah 2 minggu yang lalu. tapi sampai sekarang belum juga sampai tujuan. kalo amalatnya salah apakah akan kembali ke Indonesia atau tidak ya Dennis? terimakasih banyak untuk jawabannya

    • halo, biasanya ke jerman secepat cepatnya 2 minggu, tapi kadang sampai satu bulan, berdasarkan pengalaman, kalau alamatnya salah dan pakai prangko saja tidak dikembalikan ke pengirimnya🙂 terimakasih kembali

  17. Halo kak.. Aku mau tanya.. Kalo misalnya kita mau kirim surat ke luar negeri pakai RLN trus diluar amplopnya masih ditempeli perangko itu boleh gak? Aku mau pake RLN karena lebih terjamin juga pengen ngirim pakai perangko biar nanti temen aku suka

    • halo, boleh aja setelah pakai RLN pakai prangko lagi. tapi percuma berarti prangkonya ga akan kehitung sebagai biaya kirim. jadi hanya pengias aja, gpp boleh aja. untuk pajangan

  18. Salam kenal?? gimana sih prosedur kirim amplop ? kalau guna amplop boleh engga sisip gambar atau benda lain selain surat? berperangko atau ditimbang?.. trima kasih…

  19. Kak, aku mau nanya dong. Aku kan mau ngirim surat ke korea dan itu tuh untuk satu penerima. Dalam amplop itu isinya ada 4-5 lembar kertas semacem hvs gitu. Kira-kira butuh berapa perangko ya? Terus kalau saran dari kak denissa, mendingan dikirim pakai perangko aja atau RLN? Aku udah ubek-ubek google tentang kirim surat ke luar negeri tapi masih gak ngerti😦 Soalnya aku baru pertama kali mau kirim surat ke luar negeri. Mohon balesannya ya kak..

    • Halo Syefira, kalau dirasa surat itu sangat penting untuk sampai, sebaiknya pakai yang tercatat semacam RLN atau EMS. tapi kalau penerima mau menunggu agak lama, pakai prangko aja. Sekarang kantorpos udah punya tarif perangko sendiri, boleh ditanya ke loketnya aja ya, maaf saya belum update lagi untuk tarif prangkonya

  20. kak, saya pengen kirim neklace for gift ke poland,
    baiknya dibungkus seperti apa & pakai service yg mana ?
    makasih bnyk

  21. Halo kak ^^
    Saya mau nanya nih.
    Saya masih agak bingung dengan pengiriman ke luar negeri.
    Tadi saya sudah tanya ke kantor pos.
    Untuk pengiriman sebuah surat ke luar negeri hanya bisa memakai layanan EMS saja dengan tarif 200k+
    Apa memang segitu tarifnya?
    Dan apakah cuma bisa memakai layanan EMS saja?

    • mungkin beliau menyarankan EMS agar cepat sampai dan surat bisa dilacak karena ada nomor pengiriman.

      jika surat yang dikirim sangat berharga bisa pakai EMS. dibawah EMS ada RLN.

      Kalau suratnya tidak begitu berharga (santai sampainya) pakai prangko aja. tapi memang memakan waktu yang lama.

  22. Kak, aku mau kirim surat pakai perangko, tapi pakai amplop gitu, jadi perangkonya ditempelin di amplop nya, aku pernah dapet postcard kaya gitu soalnya. Itu kira2 pakai RLN/EMS yg pakai tarif itu ya kak?

  23. Aq mau kirim surat ke teman di portugal sebaiknya pilihan yg tepat menggunakan postcard berperangko atau surat tercatat. Thanks sis

    • halo, jika memang isi suratnya sangat penting, sebaiknya pakai yg tercatat; RLN/ EMS. kalau penerimanya mau menunggu dan isi surat bukan hal yg penting (surat berharga dll) pakai prangko aja😉

  24. Maaf mau tanya, apakah benar kantor pos indonesia sudah tidak mengeluarkan kartu pos resmi lagi? Kemarin saya nyari di kantor pos pusat di bogor mereka bilang sudah tidak mengeluarkan lagi, lalu ada pedagang kartu pos lama kebetulan di dekat situ,, tapi kartu posnya sudah usang sekali… mohon bantuannya, saya ingin mengirim kartu pos ke teman di Jepang yang khusus Indonesia banget, begitu apakah masih bisa diperoleh ya? terima kasih

    • Halo, kalau kartupos Dari Indonesia keluaran kantorpos biasanya hanya gambar landscape bertuliskan alama pemerima dan pengirim di bagian depan dan kosong di bagian belakang. Saya blm ke kantorpos lagi utk menanyakan.

      Kartupos tentang indonesia bisa dibeli di toko buku terdekat, untuk kartupos ttg ilustrasi Indonesia bisa cek instagram @haloposnesia dengan search hastag #katalogposnesia🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s