Kenalin Indonesia ke Dunia Dengan Cara yang Nggak Mainstream

Untuk mengisi kekosongan diblog ini saya repost tulisan saya beberapa bulan lalu di forum kaskus.us. Udah ampir 5 tahun saya join kaskus. So, yang keluar di tulisan ini bahasa kaskus :p. Yuk cekidot!

Halo gan, Apakabar?

akhir-akhir ini negara kita terus bergonjang ganjing dengan berbagai masalah di dalamnya entah itu korupsi, hukum, bbm, kemiskinan. Woah pusing ane mikirnya .. banyak orang yang menuntut INDONESIA harusnya bisa A, harusnya bisa B, C dst…
Kita jarang ya gan mikir, gua nuntut negara supaya bisa A, emang dedikasi gua selama ini buat negara apa? bayar pajak aja? itu mah biasa

well, bukan masalah itu yang mau ane bahas gan, di sini ane mo ajak agan supaya berkonstirbusi untuk negara kita tercinta Indonesia.
Andai ane atlet mungkin konstribusi ane bisa melalui olahraga dan dgn menangkan turnamen. Nah berhubung ane hanya ex mahasiswa periklanan yang ane pikirkan hanya promosi promosi dan promosi, apa yang bisa ane lakukan untuk mempromosikan indonesia pada dunia….

Ya, gan ane ikut komunitas posstcrossing dimana orang-orangnya masih suka menyebarkan kekayaan Indonesia melalui secarik kartu pos.

Ya, KARTU POS gan! KARTU POS!? 
Kata agan: WT* Kartu pos??? Masih Jaman?
Wah.. Masih banget gan, ini cara memperkenalkan Indonesia melalui tulisan tangan, secara personal lebih dalam maknanya gan. 

Kenapa harus KARTU POS?
Agan tau? dengan semakin majunya teknologi ini, orang jarang sekali menulis tangan, semua melalui ketikan. Disadari atau tidak mungkin agan yang sehari-harinya bekerja menggunakan laptop dan tidak terbiasa menulis, maka tulisan tangan agan akan jelek gan . Kartu pos, media yang mati suri tapi sekarang akan dan sedang booming lagi gan  . termasuk murah dan personal/pribadi banget gan. Inget tulisan tangan sekarang sangat langka. Jadi akan jadi kebahagian tersendiri jika menerima kartu pos tulisan tangan orang lain untuk kita, begitu jg jika kita mengirim kartu pos untuk orang lain.

Kata agan: Kan ada FB/ Twitter/ Instagram? Lewat sana aja gan
Bisa aja gan, tapi ane bilang lagi ini cara yang ga mainstream. Ketika tulisan tangan menjadi sangat langka, orang akan semakin mencari dan senang mendapatkan kartu pos gan. Coba deh agan dapet sms email? biasa aja kan gan, tapi coba agan dapet surat tulisan tangan, wih kerasa banget perjuangan orang yang nulis gan, lebih berarti dibandingkan tulisan komputer.

Gimana tuh gan? Kenalin Indonesia lewat KARTU POS?
Singkatnya agan tinggal minta alamat bule untuk dikirimin kartu pos. Nanti agan juga akan mendapatkan kartu pos dari luar negeri.
Lengkapnya agan ke postcrossing.com aja gan 
(ini situs komunitas, bukan situs komersil)

Penting ya gan? Ga Sayang duit?
Balik lagi gimana niat agan, kalau ga niat ya sayang, kalo niat ya ga sayang.. wong ga nyampe 10rb ko ngirim ke luar negeri untuk 1 kartu pos, tapi manfaatnya banyak lho gan tuker tukeran + sahabat pena an gini. Kita jadi tau kebudayaan orang lain dan kadang ane juga suka tuh dapet kiriman teh, permen, bumbu masak, merchandise ori Euro, dan duit  dll (kalo yg ini dapet di amplopin gan, bukan hanya kartu pos). sekalian lancarin nulis bahasa inggris gan.. Jika agan punya kemauan

Tapi ane ga tau mau cerita apa gan, ane kan jarang travelling dan ilmu budaya ane ttg Indonesia cetek gan.
ilmu ane tentang Indonesia juga cuma setitik tinta di satu lembar kertas A3 gan. wow sedikit banget kan. Tapi karena ane pengen ceritain ke orang betapa negara kita kaya, ane mulailah cari-cari, main ke museum-museum, kunjungi pusat souvenir, googling semua tentang negara indonesia. Supaya ane lebih cinta pada negara ane gan🙂

Ini maenan cewe ya gan?
ahhaha.. Temen ane banyak cowo gan yang ikutan. Mereka latar belakang bukan hanya filatelis dan ada yang masih sekolah/kuliah dan sudah bekerja. Semua bisa ikutan.

Apa yang Agan dapet dari kegiatan kyk gitu gan?
yang pasti ilmu gan, wawasan secara personal, dan teman baru.. bayangkan gan, seorang nan jauh di sana orang yang tidak pernah kita temui, nulis dan memperkenalkan budayanya pada kita melalui tulisan tangan.. bukan wikipedia gan, dari orang aslinya langsung.
Ini ini beberapa barang pemberian dari penpal ane/ postcrosser

kata agan: wah gitu doang mah bisa beli gan bayar pake paypal
kata ane: kan misi-nya perkenalkan Indonesia ke luar negeri secara personal person to person gan.. jadi hadiah kyk di atas itu adalah bonus.. dan ane maunya gratisan kan gan ga bayar bayar

Dari Kartu pos ini kita bisa sedikit berdedikasi untuk Negara gan melalui tulisan kita dengan menceritakan betapa kaya nya Indonesia, sekaligus memperkenalkan yang baik-baik tentang budaya Indonesia. Dalam jangka panjang mereka mengenal indonesia dan ingin mampir ke negara kita tercinta ini, menambah devisa negara pada akhirnya.. gitu deh gan.
Dari kegiatan pertukaran kartu pos ini ane udah dapet 200++ kartu pos dari dalam dan luar negeri gan, dapet makanan, dapet aksesoris dll gan., ane juga punya beberapa Sahabat pena? Ya, masih loh gan sahabat pena.. bedanya sama bule kalau jaman sekarang. Ane ikutan kyk begitu supaya grammar ane yg acakadut bisa jadi bagus dengan sering berlatih menulis, sekalian promosiin Indonesia tentunya.

Oke sekian gan, di postingan ini ane cuma pengen ajak agan lebih bangga terhadap Indonesia dan mau berdedikasi untuk negara dengan cara yang sederhana. Dengan agan ramah ke bule aja sebenernya udah promosiin Indonesia kok.

Makasih buat agan yang udah baca sampe abis postingan ane, semoga hari agan menyenangkan🙂

tulisan asli saya:

http://www.kaskus.co.id/thread/51c55e80be29a07e54000001/kenalin-indonesia-ke-dunia-dengan-cara-yg-nggak-mainstream

3 thoughts on “Kenalin Indonesia ke Dunia Dengan Cara yang Nggak Mainstream

  1. Hi Denissa Lagi gugling mo nyari dimana beli album ut Kartu Pos malah mampir kesini. Sekalian nanya deh, tau ga beli dimana? trus nama album nya apa? maklum masih nyubi nih :p
    Ohh yah kenalin, gw Happy yang kemarin pesen Postcard di Posnesia..hhihii.. (just call me Py)
    Gw baru mau setahun join Postcrossing dan yess langsung ketagihan..hihii.. Masih pemula sih, tapi keknya cuma ini hobi yang bener2 gw tekuni. Soale dulu terkendala duit jajan yg terbatas kan dr ortu. Skrg pake duit sndiri jadi lebih bebas.. Btw, id postcrossing mu apa? pengen liat2 koleksinya dehh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s