Tarif Kirim Kartu Pos

Artikel ini diperbaharui per 7 Oktober 2016 Halo postcrosser!! Pertanyaan yang paling sering dilontarkan para postcrosser adalah biaya kirim kartu pos dan nominal perangko supaya postcardnya lekas terkirim. Yang saya tulis di sini berdasarkan pengalaman saja. Setiap kantor pos di tempat berbeda memang kadang memberi harga berbeda untuk kartu pos yang mau kita kirim

Q: Mau kirim satu kartu pos nih? prangkonya berapa ya?

Pos Indonesia menerapkan tarif baru 7,000 utk Asia, 8,000 untuk ke eropa dan 9,000 untuk ke USA. Saya sendiri sudah mencoba menerapkan tarif baru ini sejak mengirim kartu pos di bulan Mei 2014, hasilnya sampai setelah 1-2 minggu ke negara tujuan.

Q: …. Kata petugas pos nya kurang, harus 10.000 supaya sampai, gimana?

Ikuti kata hati.. hehe..Berdasarkan pengalaman sih ngga perlu prangko semahal itu untuk membuat postcard kita terkirim ke luar negeri. Tapi kalau punya budget lebih ya silahkan pakai perangko yang lebih mahal. Saya ikuti aturan resmi pemerintah saja mulai detik ini 8ribu ke eropa, 7ribu ke asia, dan 9rb ke Amerika. Selain itu jika paketnya menggunakan amplop, harganya berbeda ya… tarif baru pos indonesia jika mengirim menggunakan amplop ke eropa 100gr 29ribu, 200gr 59ribu menggunakan amplop tertutup dengan menempelkan perangko. Udah beberapa kali sampai.

Q: …..Berapa lama kartu pos kita sampai di tangan penerima?

Ngga bisa menjamin, karena yang menentukan sampai atau tidak nya yang pos dan Tuhan. hehe. . Kesibukan pos yang menentukan sampainya kapan ke tangan penerima. Tapi tenanglah, saya biasanya kirim sampai di Eropa biasanya sih 2 minggu-an. Ke Asia (jepang) 10 harian. dan ke Amerika sekitar 2-3 mingguan. Paling lama ke Russia s.d 1 bulan. Namun semua kembali tergantung kesibukan kantor pos dunia. Sedikit tips, kalau negara tersebut punya font sendiri, seperti Cyrillic tulis aja dengan huruf cyrillic karena akan lebih memudahkan petugas pos negara tujuan. Tapi nama negaranya tulis dengan huruf latin biasa.

Q: Mau coba kirim beberapa kartu pos dalam amplop, tarif nya berapa?

Mengirim kartu pos dalam amplop berarti ada nilai kerahasiaan. Tarifnya pun lebih mahal dibandingkan mengirim tanpa amplop. Mengirim amplop menggunakan perangko berarti surat kita tidak bisa dilacak. Berbeda dengan RLN (surat terdaftar) yang bisa dilacak sampai waktu keberangkatan. Untuk tarif RLN silahkan cek di posindonesia.co.id dengan harga lebih mahal dibandingkan mengirim amplop dengan perangko. Biaya pengiriman amplop tergantung beratnya. Kalau sekitar s.d 5 kartu pos kirim aja pake perangko 15,000. Kalau lebih pake yang 29,000. Kalau sampai 100gr 35,000🙂 Amplopnya jangan besar besar ya, maksimal A5. Sejauh yg saya alami, kalau ke eropa surat berperangko akan sampai dalam waktu 3 s.d 4 minggu. Jangan sampai kekurangan perangko karena nanti surat kita ngga akan sampai.

Q: Wah, kok ga dijamin, kita kan udah kirim pakai perangko banyak loh, terus kalau mau yg terjamin, ada estimasi sampenya berapa lama?”

ya itu tadi pakai RLN atau EMS. Saya pernah mengirimkan paket kartupos dengan RLN seberat 100gr ke Polandia. Tarifnya + bea bea jadi 49,000 dan dalam 2 minggu paket itu sampai ke Polandia. Ada nomor resinya juga. Kalau pakai ems untuk kirim kartupos, saya belum pernah. EMS lebih terjamin karena via udara. namun ada harga ada kwalitas ya, EMS jauh lebih mahal dibandingkan RLN.

Karena banyak komentar di postingan ini yang masih menanyakan tarif kirim kartu pos keluar dan kedalam negeri, berikut saya tampilkan tabel resminya dari Kantor pos pusat🙂

Semoga dengan tabel ini teman-teman semakin jelas ya, dan silahkan di klik kanan dan save as🙂

tarif tabel tarif pos per 2013

 

Segini dulu info dari saya semoga bermanfaat untuk teman-teman yang mau mulai bertukar kartu pos dengan orang di seberang samudera. Menurut petugas pos pergantian tarif diperbaharui setiap 5 tahun sekali. Jadi mungkin di 2018 tarifnya akan berubah. Happy Postcrossing!

463 thoughts on “Tarif Kirim Kartu Pos

  1. saya heran kayaknya 3 bulan terakhir layanan pos lambat banget deh.. udah hampir dua bulan ngirim postcard ama amplop ke poland, france dan bosnia belum sampe2. mbak denis apakah anda merasakan hal yang sama?

    • halo mas Wiguna, kalau Aku malah bermasalah sama penerimaan amplop. Dari brazil, jerman, belanda belum sampai padahal udah 2 bulan. Kalau aku kirim ke poland, itali, jerman lancar banget..
      bingung juga sama misteri distribusi barang dari kantor pos😦

      • Kak aku juga sama, aku ngirim ke singapore, sama korea lancar2 aja tapi kenapa yg dari luar ga ada yg dtg ya? Malah waktu itu suratnya sempet nyampe tapi hadiah dr temenku ilang gitu kyk udah diambil orang. Paket kakak akhirnya nyampe engga?

  2. Mba Denisa katanya tarif kartu pos naik ya?
    uda gitu perangko 2000an udah nggak ada pula >.<
    apa di tempat Mba uda ada perubahan?

    • katanya sih gitu, tapi minggu lalu masih santai aja ngirim pake 2500+2000 hehe, itu yg di twit @posindonesia katanya asia jadi 7ribu , eropa 8rb, amerika 10rb, per 20gr pertama.
      yang namanya kartu pos kan cuma 5gr-an beratnya, sampe 20gr itu jika dimasukin ke amplop, wah ngga tau deh.
      Aku bentar lagi mau nyampe 100 postcard di postcrossing abis gt mau udahan deh, fokus penpal aja atau swap yg bagus bagus, hehe

    • wah, aku belum kirim kartu pos lagi sejak 2 bulan yang lalu. hmm.. mahal ya, aku udahan deh main postcrossing, mau fokus swap dan penpal aja kalau gitu,hehe😀

      terimakasih sudah mampir

  3. postingannya membantu banget nih.. sy mau ngirim postcard ke swiss pake amplop, buka website pos indonesia malah puyeng sendiri tarifnya ada banyak tapi nggak tau model ky yg sy mksud bkal trmasuk yg mana. hehe. thanks for sharing. it made my day😀

  4. wah… helpful bgt ini postingannya. sy mo kirim postcard k swiss pk amplop *i’m so new to this. got no idea on how much it will cost me* cek k pos indonesia ada keluar banyak jenis pengiriman + tarifnya, tp ga ngerti model ky yg sy maksud bkal masuk yg mana *sigh*
    so, ya… thanks for sharing kak denissa😀

    • sekarang pos punya harga baru, belum ku apdet di sini. Kalau pake perangko berati pake tarif perangko.
      ada lagi RLN.. surat yang bisa dilacak sampe waktu keberangkatan harga lebih mahal dr kirim pake perangko. dan EMS yang harganya mayan mahal karena bisa ditracking

  5. kebijakan kantorpos bedabeda tuh.. di kantorpos pasar minggu kirim postcard ke luar negri 4000, dalam negri 2000.. dan ada yang sampe ada yang entah hanya tuhan dan pakpos yang tahu.. eh di kantorpos fatmawati, kirim kartupos ke swedia aja 15rb boh, dalam negri sih 2000.. tapi di kantorpos priok, ke luar negri 8000, dalam negri 2500.. aneh pun kenapa bedabeda ya?

    • halo, wah iya memang suka beda beda.. mungkin karena belum ada aturan yang jelas dari pusatnya. Tapi 4000 tetep nyampe ko, tapi akhir akhir ini aku kirim pake 5000 sampe krn ngga ada prangko 1500😮

  6. Aku kirim kartu pos bulan lalu ke Eropa dg Rp5.000,- sampai kok. O ya, masak aku kirim kartu pos dari Baturiti (Bali) ke Tangerang butuh waktu 1 bulan?! Padahal sudah pakai prangko kilat, Rp5.000,- sesuai kata pegawai posnya. Entah kapan sampainya kartu pos ke Jerman yg kukirim dari Baturiti juga. Ampun dah.

  7. Pingback: There’s a Postcard on my Table | aquavintage

  8. temen aku kirim postcard dari seoul udah dari tanggal 20 agustus ko belum sampe sampe juga yah postcardnya?? atau harus diambil langsung ke kantor pos?

    • halo, iya kadang pos memang terlambat, aku jg belum dapet amplop lagi, pdhl udah berbulan bulan dikirim. kita sabar aja🙂. kalau kekantor pos pun belum tentu akan dilayani karena ini perangko, tidak ada no pengirimannya😦

      • Ohh gitu.. makasih yah infonya ^^ oke deh aku tunggu.. temen aku bingung aja udah hampir sebulan ko blm sampe soalnya dia biasa kirim ke negara lain gak selama ini,, makasih yah infonya😉

  9. Mba, aku mau nanya nih. Kalau aku ngirim 2 amplop ke USA , itu perangko nya berapa ya? Tarif kalau mau cepat nyampe nya berapa? kata orang tua ku bisa lebih dari 50 rib u ya? TOlong jelaasin dong mba, soalnya belum pernah ngirm surat lewat pos nih hehe. Jawab asap yaa (: Trims

    • Halo, terganting isinya seberapa berat. Kalo cuma kartupos 5-10 pcs pake 15rb aja. Klo mo cpet sampe pake EMS tercatat. Tapi pasti mahal, aku blm pernah coba. Pernah rln 2 mingguan, ke eropa 50rb beratnya +-100gr

  10. waaa aku baru banget sama dunia postcrossing.. baru tahu sekitar dua minggu yang lalu dan langsung tertarik pengen punya banyak kenalan dari luar negeri :”””D. terimakasih infonya😀 ~~

  11. Pingback: Mengirim Kartu Pos Ke Luar Negeri | denissapostcard

    • Halo, RLn tergantung beratnya juga, kalau isinya cuma kartupos aja beberapa mungkin 30rb, bisa langsung dicek di posindonesia.co.id yg tarif kirim luar negeri, nanti masukkan berat paketnya berapa baru muncul biayanya🙂

  12. Halo kak.. mau tanya nih.. kalo semisal saya mau ngirim beberapa postcard ke dalam amplop lalu ditenpelin perangko 15rb tempat tujuan ke Jepang, tinggal masukin ke kotak pos saja, tanpa kontak ke pihak pos bakal nyampe nggak ya??

  13. mba kalo misalnya pake yang ems itu tarifnya disesuaikan beratnya? kalo misalnya saya krim yang beratnya sekitar 250 gr ke maroko sekitar berapaan yaa? kalo itu didalemnya boleh di sisipin kaya gelang gitu atau barang2 kecil lainnya ?
    makasih sebelumnya🙂

  14. Halo, kira2 kalo kirim pos dari Indonesia ke Las vegas kira2 waktu nya berapa ya? aku masih bingung, soalnya belum pernah ngirim ke luar negeri🙂 . makasih buat artikel nya🙂

  15. Wah baru nemu nih, Gini saya mau nanya. Saya mau ngirim surat ke jepang. sekarang tarif perangkonya berapa ya? apakah pasti tersedia di kantor pos si perangkonya ini. karena kan udah banyak yg pake paket tuh. hehe. terima kasih. Oiya satu lagi perangko harus ditempel di kanan atas apa bisa di kiri atas juga? hehe makasih ya

    • 3 minggu lalu saya jg kirim ke jepang pakai 5ribu, skrg udh sampe😉. Pasti ada, cuma kalau di kasir jelek perangkonya, standar semua, beli di bagian filateli aja adanya di kantorpos besar, biasanya nominalnya 2500, 5000, 7500, 10,000…. dimana juga boleh asalkan masih baru perangkonya, biasanya di kanan atas😉

    • prangko bolh ditempel dimana saja, biasanya di sebelah kanan. tarifnya 7ribu 1 kartu pos, maaf baru dibalas ya🙂. untuk prangko bagus bisa ke kantor pos pusat bagian filateli. tapi untuk prangko biasa di semua kantor pos pun ada

  16. oh gitu. hehe itu cuma kartu pos aja apa surat juga segitu. eh kalo ditempel di kiri atas ga masalah kan? hehe. ga masalah perangkonya nih mbak hehe. cuma yang penting suratnya tersampaikan hehe.

  17. Permisi mau tanya nih masih awam banget masalah postcrossing, kebetulan banyak temen dari luar negeri jg ini. Kemaren tanya2 ke kantor pos, anggap aja kalo mau kirim ke Taiwan harganya 25k. Terus abis baca beberapa komen di sini cukup nempelin perangko aja.
    Bisa dijelasin gak prosedur singkatnya?
    Terima kasih🙂

  18. Permisi mau tanya nih masih awam banget masalah postcrossing, kebetulan banyak temen dari luar negeri jg ini. Kemaren tanya2 ke kantor pos, anggap aja kalo mau kirim ke Taiwan harganya 25k. Terus abis baca beberapa komen di sini cukup nempelin perangko aja.
    Bisa dijelasin gak prosedur singkatnya?
    Terima kasih

    • Halo, mau kirim apakah? Kalau hanya kirim kartupos, apalagi dari jabodetabek 5rb masih sampai,. Di surat edaran resminya kirim kartupos 10rb ke benua amerika, ke asia masih 7-8rb, tapi kalau saya pakai yg 5rb aja tetep sampai. Kalau sampai 25rb utk kirim kartupos mungkin dimahalin utk warga asing oleh petugas,. Saran aja kalau beli perangko tdk perlu tanya2 tarif ke petugasnya, langsung beli perangko aja, yg bagus di bagian filateli adanya di kantorpos besar. Lalu masukkan ke kotak pos di kantorpos besar, langsung,. Memang petugas kalau ditanya tarif suka dimahalin, jd lbh baik tdk ush tanya2 petugas, hhe

    • iya bisa pakai prangko jika mau kirim ke taiwan atau kemana pun. mungkin 25rb berat nya 100gr ya, semakin berat semakin harus banyak kartu posnya. jadi ditimbang dlu aja.
      prosedurnya, setelah dibungkus paket kecilnya, langsung ditimbang lalu beli prangko dan titip loket tidak perlu bayar lagi karena sudah ada prangko sbg alat pembayarannya🙂

  19. Wah kemarin baru aja ngirim ke jepang pake perangki 15 ribu. semoga nyampe deh hehe. eh RLN sama EMS bedanya apa? terus kalo ke jepang kira kira berapa ya untuk rln?

    • beda, RLN Itu surat tercatat aja, lamanya 1-2 minggu. EMS itu lebih ekslusif, 3-5 hari. RLN kata petugas pos nya pakai kapal laut, dan EMS pakai pesawat jadi lebih cepat, harga ems jg lebih mahal.
      tergantung beratnya, RLN s.d 100gr sekitar 50 ribu🙂

    • kirim surat aja, kalau mau cari penpal boleh langsung ke forum.postcrossing.com
      dan cari sub forumnya penpal,🙂
      atau di instagram carinya via hastag #penpals #snailmailrevolution lalu cari yang orang jepang dan ajak surat-suratan😉

      • harus di tulis di kartupos yg kita kirim. Untuk di registrasi oleh penerima. Jadi nanti si penerima yang memasukkan kode tersebut di web postcrossing.com, kemudian profil postcrossing kamu di tulisan “sent postcard”nya akan ditambahkan otomatis.😉

  20. Kakak, aku kan mau kirim postcard ke Seoul. Kira2 bisa sampe dalam seminggu ga ya? Soalnya dikejar Dead Line & bagusnya pakai perangko yg berapa? Reply soon ya kakak🙂

  21. oooh gitu kaa, aduuh aku rada pusing, baru pertama kali soalnya hehehe. ka denisa aku bagi nomor HPnya dong atau email hehehehehe. atau nomor kaka kirim ke email aku nadia.amelia90@yahoo.co.id hihhihihi. aku mau tanya2 banyak soalnya hehehehe trims before😀

  22. mba aku mau tanya kan aku udah cek harga RLN yang di web posnya aku mau kirim barang sama surat ke morroco , kan aku tulis 500 gr terus tarif muncul kan , nah keluar deh harganya “paket biasa” 227 ribu terus dibilang maks 3000 gr. Terus pas aku coba 300 gr munculnya sama juga. aku ga ngerti jadi harga untuk 500 gr sama 300 gr sama aja ? atau gimana

    • Dihitung dlu paketnya bener bener brp gr, hrganya itu dikelompokannya, 20gr, 50gr, 100gr, 250gr, 500gr, 1kg. Cobain deh, cmiiw, jd 300 sama 500 emang sama, coba 250 sama 500, beda ngga, lupa jg blm ngecek ngecek tarif lg, hehehe

      • Salam..mbak mau tanya..aku pengen kirim surat yang isinya ada key chain ato souvenir kecil gitu ke seoul..bisa kasih saran gimana kirim lewat pos sama tarifnya kira2 berapa. Terimakasih^^

  23. Mba mau nanya, kalo misalkan saya kirim surat ke asia didalemnya saya masukin gelang tali gitu ngaruh sama tarif awal surat ga? Misalkan saya kirim ke asia kan 7 atau 8 ribu nah itu bakalan naik ga tarifnya? Mohon banget di jawab ya🙂

      • Mba, kalo saya kirimnya ke eropa gmn? Saya mau kirim ke italy, didalam kartu saya tempelin gelang gitu.. yg ringan dan dari kayu. Itu apa masuk golongan bisa kirim pake prangko atau paket ya mba?. Saya mau coba kirim pake prangko gmn?

  24. hallo…. mo nanya2 neehhh…. kalo kirim 2-3 buah kartu pos ke polandia berapa ya ongkirnya? emang kalo pake amplop beda ya tarifnya??? makasih ya. maaf saya new comer. saya gak sengaja nemu situs ini ketika nyari informasi tentang biaya kirim kartu pos.

  25. mau nanya dong. aku kan kirim surat ke luar negeri pake tarif surat RLN. mesti perangko ya ? kalo nggak pake perangko bisa nyampenya lebih lama ya?

  26. Halo Mbak Denisa,,Wah, pastinya seru sekali ya harap2x cemas menunggu tiap kali Pak Pos datang dan menunggu sobat kita di Nagri sana yg menerima kiriman kartu pos kita,hehhe,,,Mbak, saya mau nanya, saya ada rncna buat kirim Kartu Pos ke Italy,, yang mau saya tanyakan :
    1. Setelah kita beli perangko, perangko di tempel di postcard & lnsung di dititipkan ke petugas di kasir kantor pos aja kan ya?
    2. Baiknya pake perangko yg brapa’an ya & kira2x nyampe’nya berapa hari,,
    Wah,,trimakasih sbelumnya ya Mbak :))

    • Iya, itu seninya.. menunggu yg ngga pasti, eyaaahaha..
      1. Iya tempel sendiri. Klo di kantor pos besar bisa lgsung masukkin kotak posnya juga, tdk slalu harus lewat kasir. Hanya berlaku di kantor pos besar yaa
      2. 5ribu aja, kalo dari bogor atau jakarta 5rb masih bisa sampai🙂, kalau nanya kasir biasanya diminta perangko 10ribu.

  27. Permisi kak aku mau tanya beli poatcards yg lucu lucu tuh di mana ya? Atau misalnya mU desaign sendiri cara dan cetaknya gimana? Ini nomer ku 081212258369. Aku idh prustasi banget nyari di google, minta infonya ya kak… makasih banget

  28. Permisi kak aku mau tanya beli poatcards yg lucu lucu tuh di mana ya? Atau misalnya mU desaign sendiri cara dan cetaknya gimana? Ini nomer ku 081212258369. Aku idh prustasi banget nyari di google, minta infonya ya kak… makasih banget

  29. halo kak ^^ kak, tau ngga sih baisa brapa hari ngirim PC paling lama kalau ke sesama indonesia ?? mksih kk ^^

  30. kakak mau nanya… cara kirim surat ke jepang gimana caranya?? isi suratnya cuma 1 lembar kertas kok.. apa harus pake perangko??? ongkos kirimnya berapa dari bandung – jepang?? mohon bantuanya terimakasih

  31. kak denissa..aku mau nanya lagi ni :3 kira kira kalo ngirim pake amplop coklat yang gede itu pake berapa perangko yah?? kalau keluar negeri … soalnya dia minta pake peranko😀

  32. Halo kak, aku mau tanya kalo kirim surat disertai gift kira2 50gr ke Seoul, lebih enak pake RLN atau perangko biasa? Kalo pakai perangko, kira-kira jatohnya jadi berapa rupiah kak? Makasih banyak🙂

    • Ikuti langkah yg di website nya aja, lalu transfer sesuai dengan total yg tampil diwebsite ketika kita memesan, setelah transfer, kirimkan bukti transfer ke email efila nya , selengkapnya cek diwebsitenya aja ya, aku ga bisa jelasin detail, detailnya lengkap di sana

    • Sebaiknya ke kantor pos aja untuk 1 kg biasanya pakai EMS yg lebih cepat, maksimal sekitar 3 -7hari sampai. Aku ngga hafal tarif per kg, cek dulu di websitenya pos indonesia aja ya;)

  33. Kak Denissa , saya mau tanya , begini , saya punya temen di Korea, dia ngajakin saya snail mails , kalo itu pake kartu pos atau surat yg d masukkan d amplop ya?
    lalu enaknya pake prangko atau R LN ya ? kalo R LN itu bisa nggak kita sisipin d dalemnya souvenir? soalnya setelah saya check R LN 20gr = 26rb , brarti harus ke loket/kasir dulu ya kak? thanks🙂

  34. kalo mau ngirim dari lampung ke bogor berapa yaa ? dokumen gitu ? cuma 3 lembar kertas doang ? kira-kira nyampe nya brpa hari ? trmkasih :’)

  35. Kak, saya mau tanya, bagaimana kita mengetahui alamat poscard kita sendiri?
    Trus biasa itu dikirim ke rumh kita atau ngambil sendiri di kantor post?
    Makasih

  36. hallp mabk mau nanya neh..maklum baru banget di dunia kartu pos an hehhee…klo kirim kartu pos ke Netherlands, German, Rusia sama USA pake 5000 bisa gk? atau pake yg 7500? trimakasih🙂

  37. mbak mau nanya nih, kirim kartu pos ke eropa pakai perangko 5rb nyampe ga sih? kmrn udah 4 kali kirim aku kasi jeda tiap minggunya satu kartu pos. tapi kok belom ada tanda2 bakal nyampe yaa itu kartu posnya😦

    • maaf baru dibalas ya, untuk kartu pos +uang koin sebaiknya pake plastik bubble koinnya agar tidak tercecer/ bunyi. jika mau lebih terjamin pakai ems, rln juga bisa sampai sih namun lebih lama waktunya🙂

  38. dennisa, aku senang banget snail mail, tapi udah sekitar 3than ini nggak snail mail lagi jadi ketinggalan ttg kenaikan harga dan sebagainya. mau tanya, kalau kirim surat kira kira 5 lembar hvs a4 ke UK gitu berapa prangko ya kira kira yg kudu ditempel? salam kenal, thankyou🙂

  39. dennisa, aku senang banget snail mail, tapi udah sekitar 3than ini nggak snail mail lagi jadi ketinggalan ttg kenaikan harga dan sebagainya. mau tanya, kalau kirim surat kira kira 5 lembar hvs a4 ke UK gitu berapa prangko ya kira kira yg kudu ditempel? salam kenal, thank you🙂

      • caranya, join dulu daftar di postcrossing.com, lalu pilih send postcard > ceklis kotaknya nanti akan diberi ID number (identity number) berupa huruf dan angka.
        untuk Indonesia ID-xxxxxx , Negara lain USA misal US-xxxxxx, finland FI-xxxxx dst nya ada kodenya sendiri.

        kode itu harus di tulis dikartu pos yg akan dikirim, supaya bisa diregistrasi sama penerima, dan kita dikirimi kartu pos oleh random person di luar sana🙂

  40. hai kak, terimakasih sharingnya. aku tertarik banget sama postcrossing dan mulai kirim 5 cards sekitar1 atau 2 minggu yang lalu. agak lega setelah baca ternyata emang nyampenya lama walaupun aku pake tarif yang ditawarkan mbak-mbak kasir kantor pos. nah aku khawatirnya lahi soalnya aku dapey notifikasi kalo alamat yang aku (alamat tempatku) kasih ke postcrossing.com salah. masih mungkin nyampe nggak ya?

  41. halo kak, salam kenal. aku baca di postingan kakak kalo tarif baru kirim pake perangko asia 7rb, eropa 8rb, amerika 10rb ya kalo ga salah. nah kan katanya perangako 1500 sama 2000 udah ga berlaku lagi jadi di kota aku ada 5000 sama 3000 aja. kartu pos aku ada yg aku kirim pake 8000, nah satunya lagi skrg kirim ke rusia pake 5000 kira-kira sampe ga ya?

  42. halo kak.. aku mau kirim surat ke UK dan isinya ada foto2 gt .. kira2 tarifnya berapa ya ? + kasih saran juga ngrim lwat posnya gmna ? mohon jawabannya . ^^ thanks

  43. Hai aku mau nanya boleh ga.hehe. Jadi ceritanya kmrn ni udh berhasil ngirim post card utk pertama kalinya lewat RLN. Nah katanya bisa dilacak di http://www.posindonesia.co.id ya? Tp dibagian mananya ya? Dicari2 ga ketemu hhe
    Terus smpet coba cek jg dr web lain yg tau2 bgitu kt masukkin nomor resi langsung nge link ke web pos ind gitu, tp katanya nomor resi ga terdaftar. Hhe
    Help me please kak! Thankyou🙂

    • Emhh bisa ko di sebelah kanan ada kotak yg isinya tarif domestik internasional, ini aku biasa lwt aplikasi pos indonesia yg didownload via playstore, dicoba dulu aja🙂

  44. Kak, tadi aku ngirim 2 amplop ke lokasi yang sama, dan satu amplop dikenakan biaya 5000 sehingga total menjadi 10.000. Saya akan mengirim kembali 10 amplop ke lokasi yang sama. Apakah bisa semua amplop tersebut saya masukkan kedalam amplop yang besar sehingga dihitung satu amplop besar saja? Jadi bisa hemat biaya juga. makasih, Kak.

  45. aku mau tanya tanya ttg kirim postcard…ada temen kirim postcard dr jepang tp ga sampai” ina postcardnya :3 semoga msh aktif wordpressnya dan baca pesan ini..hehe tlg replay ke twitter @titaniaza, fb atau line titaniaza ya ^^ .

  46. kak mau tanya, disitukan kalo ngepost nya keluar negeri, kalo masih didlm negeri,murah mana ya kak pakek perangko apa malah murah gak pkk prgko? emang boleh ngirim surat gk pkk perangko

  47. kak, mau tanya, tapi ttg penpal, tarifnya berapa aja kak kalo di tiap benua. nyampe kapan, bisa nggak sih suratnya gak bakal nyampe.. aku udah kirim amplop penpal kok udah 2 minggu ga nyampe2, kalo ke las vegas berapa yaa,,makasi banyak🙂

    • tarifnya sama dengan tarif mengim surat ke luar negeri.
      kalau mau terjamin sebaiknya pakai RLN di kantor pos, kalau pakai prangko 50:50 mungkin terkirim mungkin tidak. ke eropa biasanya 2 minggu kalau amerika, aku belum pernah kirim surat ke sana , smoga sampai yaa:)

  48. kak denissa!!!! please direply as soon as possible nih soalnya uda 9days blm send postcardsku karna aku baru pertama kali dan bingung luar biasa. jd aku lg coba postcrossing kak, nah aku bingung kalo uda ada postcardnya, dikirim ke negara tujuan harus pake amplop lg ato tinggal tempel prangko kak?

  49. mau nanya nih sist, aku baru mau pertama kali ngirim surat….ini pertanyaan yang agak2 dummy sih.. tapi aku bingung-_-
    kalo kirim surat lewat jne itu harus pakai perangko lagi gak? :>

  50. Omg,ketika aku.baca comment di bawah aku.spechless bukan kepalng wkwkwk.la abis aku kan masih baru bngt di postcrossing (br 2 hari),trus td ngirimin 3 post card trus perangkonya abis 30rebu T.T jadi itu cuman ditempel perangko 5rb/7 rb gitu trus langsung cemplungin ke kotak mailnya?btw maksih ya kak infonya berguna bngt lo,klo gk baca ni.comment2 kakak selamanya aku postcrossingan bisa abis puluhan ribu terus buat 1 kartu :0

    • Kalu untuk sekarang 7rb ke asia, 8rb ke eropa, 9rb ke amerika ya, jangan kurang, kesian juga pos indonesianya, walau kartupos kita jg blm tentu kapan akan sampai, hehehe,. Terimakasih sdh berkunjung🙂

  51. Kak, mau nanya lagi nih. Jaman sekarang itu pak pos nya klo ngirim surat ke rumah2, kayak orang jne ga sih kak? Dipanggil org yg punya rumah trus minta tanda tangan gitu. Ato gimana ya? Makasih kak denisss

    • Kalau pak pos antarkan yg ada no resinya, iya mereka minta ttd kyk org jne. Tp kalo antarkan kartupos/ surat berperangko biasanya langsung diletakan di teras/garasi wlw orgnya blm keluar rmh😉, oks

  52. Tanya dong kak. Itu kan kartupos, sedangkan kbnykn org itu ngirimnya dokument/ paket, misal dgn layanan RLN pos indonesia ke Eropa, sampainya apa bisa dlam 1-2 minggu? (Kartupos aja 1-2 minggu bs sampe🙂 )

    • Hi, pernah waktu itu ngobrol dengan petugas. Menurut beliau, pakai EMS itu via udara dan pakai RLN itu via laut. Jadi RLN lebih lama, aku pernah kirim pakai RLN 2 mnggu sampai. Mungkin lamanya perjalanan paket RLN 2 s.d 4 minggu🙂

  53. Saya mau berbagi pengalaman aja, sejak tahun lalu saya mulai bertukar kartu pos dengan teman saya di Australia. Karena saya tidak tahu tarif perangko kartu pos untuk ke luar negeri, saya bertanya ke kantor pos terdekat. Kebetulan ada mbak2 yang jaga, dia bilang kalau untuk kartu pos 25.000 pasti sampai tujuan. Jadi selama ini saya selalu kirim kartu pos (tidak pakai amplop) dengan nominal perangko 25.000 (5.000×5). Setelah saya cari tahu ternyata pakai perangko 7.000 juga sudah pasti sampai… Yah hitung-hitung yang kemarin untuk menyumbang biaya operasional kantor pos :))

    • salam kenal denissa dan ayu.
      nah…. sebulan lalu waktu masih di Aussie, aku nerima kiriman postcard dari temenku dr Indo, seingatku juga dia pake perangko lebih dari 7000. tepatnya sekitar 15.000.

      ternyata cuma 7000 toh. ya ya ya sip klo gt.
      thanks a lot for sharing.

  54. Mau tanya, aku mau dapet postcard dr us dan dia ngirim alamat pos rumahnya kayak gini:
    PO Box 192
    Grover Beach, CA
    934xx
    Gimana cara nulis alamat kayak gitu kalo aku skarang di malang? Makasih^^

      • Bukan, maksudku aku disuruh ngirim alamatku yang di malang, dia mau kirim postcard ke indonesia. Emang harus ada PO BOX gitu ya?
        Bisa nggak aku ngasih taunya gini :
        SMAN 10 Malang jl. Raya Tlogowaru,Malang Jawa timur, indonesia, kode pos 65119
        Tapi takut gak nyampek ke sini. Makasih🙂

      • Kartupos yg bagus biasanya yg ketebalannya di atas 300 gsm, tapi 260gsm jg bisa dipakai. Kalau yg kyk di gramedia itu tebalnya 310-350gsm.🙂, lecek atau tdknya tergantung pak posnya yg nganter. Biasanya ada sedikit rusak/terlipat sebagus apapun kartuposnya, apalagi perjalanan jauh lintas negara. Jd harap dimaklumi, Kalau mau lebih aman kirimnya pakai amplop aja😉

  55. kak mau tanya, kalo kirim kartu pos (misal 5 buah) pake amplop ke eropa, harusnya:
    a) masing-masing kartu posnya harus dikasih perangko, berarti 5 perangko 8000 untuk ke eropa
    atau
    b) di ampolopnya aja yang dikasih perangko 29.000
    yang mana ya kak?
    makasih banyak, kak. aku masih rada bingung soalnya hehe🙂

    • Halo, maaf bru dibalas ya, kalau kirim sekalogus 5, didalam amplop gitu berarti ongkos yg berlaku seberat 5 kartupos. Misal 5 kartupos 50gr, berarti 29rb😉. Bukan 8000×5= 40rb. Lihat ditabelnya ya (maaf ini lagi ga liat blog, balas lgsng via tablet)

  56. Mba, maaf bgt aku mau kirim surat mgkn dgn sedikit souvenir krn temenku di korea ultah tgl 16 ini, bagusnya pakai ems ya? Biayanya bisa brp yah kira2?

  57. Permisi, mau tanya~
    Kalau misalnya barang saya kirim itu agak besar (bentuknya seperti bola) namun saya masukin amplop, itu kirimnya bisa pakai perangko saja atau tidak?
    Terima kasih🙂

      • Ia 3D. Kepingin pake prangko aja sih soalnya lebih murah hehe. Kalau misalnya barang cuma 100gram, tapi kotaknya agak besar (9x8x8), pakai RLN itu berapa ya kalau mau dikirim ke US? Terus kalau misalnya kotak kecil dimasukin amplop, itu masih bisa pakai prangko?

      • ia memang lebih murah, tapi takut ditolak sama pos. dicoba dateng ke kantorposnya aja. karena kalo bervolume dihitungnya px l x t bukan lagi pakai gr.
        kalo di jne aja px l x t / 6000, kalo dipos belum tau deh berapa pastinya dan gimana mereka hitungnya , hehe..
        kalo kotaknya pipih bisa masuk amplop masih bisa, tapi kalo kubus itu sdh termasuk volume, sama kyk bola nanti hitunganya, 😮

  58. Selamat pagi kak😀 Dari artikel dan komen pembaca dan kakak dibawah, harga postcard (tanpa amplop) dalam negri kira-kira Rp2,500 – Rp3,500 ke seluruh Indonesia. Sedangkan dengan amplop: harga perangko + Rp3.000. Apa sudah benar kak? Kalau salah, mohon bantuannya untuk koreksi!

    Terus, ada yang saya penasarankan, kalau kirim ke Singapura (20gr ke Asia = Rp6.000 – Rp7.000), apa harga dengan amplopnya (+Rp3.000) juga berlaku? Dan, kira-kira seberapa lama sampainya, menurut pengalaman kakak ya? Terima kasih! (Dan, terima kasih banyak kak untuk artikel dan balasan kakak sampai saat ini!😀 )

  59. Hello🙂
    mau tanya sedikit… kalau mau kirim postcard ke Jepang, alamatnya ditulis dalam bahasa Jepang atau alfabet abc ya?
    terima kasih untuk tulisannya yang sangat membantu buat pemula seperti saya!🙂

    • selamat pagi, ditulis pakai huruf kanji/katakana/hiragana atau pun alfabet akan tetap sampai ke jepang.

      Kalau mau tulis pakai kanji, tulisan negara JEPANG nya tetap pakai alfabet🙂
      sama seperti kirim ke russia, atau negara lain yg punya huruf khas nama negaranya ditulis dengan huruf Alfabet.

      semoga membantu😉

  60. ka denissa🙂 aku mau nanya kan aku mau kirim surat nih ke london kan kata kaka harus kekantor pos pusat. kan rumah ku didaerah ciawi-bogor kata kaka kan bagusnya kalo dibogor kantor pos pusatnya di deket kebun raya ya? tapi di daerah rumahku diciawi juga ada kantor pos kecil, kira2 kalo kirim dari kantor pos kecil yg deket rumahku suratnya bisa nyampe ke london juga ga ya? apa harus kekantor pos pusat? dan biaya kirim dari kantor pusat dan kantor pos kecil sama apa berbeda?😦 terus kalo aku kirim surat pakai amplop biasa terus hanya berisi 1/2 lembar hvs, engga pake kartu pos. kira2 biayanya berapa yaa? tolong dijawab semua ya kakak cantik hihihi hampura ya ka maaf cerewet banyak tanya sekaligus bagi2 ilmu dari kakak hehe terima kasih kaa

    • halo,
      kalau suratnya sangat penting lebih baik pakai RLN, tapi kalau buat penpal dan ngga terburu-buru pakai prangko juga bisa.

      sebenarnya ada biaya resmi prangkonya harus berapa,cuma kalau di kantor pos kecil kadang suka nembak biayanya.(tapi ngga tau kalo di kantor pos ciawi )
      kalau hanya 1 lembar hvs pakai aja prangko senilai 15ribu. Sampenya kira kira 2-4 minggu ke Eropa.
      Happy Postcrossing😉

  61. halo kak, mau tanya sedikit nih🙂

    kalo mau kirim postcard ke raja ampat pake perangko yang harga berapa ya? dan akan sampai dalam berapa hari?
    lalu penulisan alamatnya bagaimana ya kira2 kak?
    karena alamatnya ada di 1 pulau saja, apakah benar begini

    Misool Eco Resort, Misool, Raja Ampat 98483, Indonesia

    benar seperti di atas kak? maaf banyak tanya kak, ini pertama kalinya saya ngirim kartu pos soalnya, takut salah😛

    • halo, maaf baru cek blognya dan ternyata banyak pertanyaan. .

      saya pribadi belum pernah mengirim ke raja ampat.
      dicoba aja pakai yang 5ribu – 10ribu.

      Iya penulisannya sudah benar seperti itu🙂

  62. Hai Denisa, aku mau tanya kalau mau kirim surat yang di dalamnya ada pin kira2 beratnya 10 gr. pakai prangko bisa enggak? dan tarifnya pakai yang mana? aku mau kirim ke semua benua. terutama negara USA dan canada. thx

      • Kemarin2 aku sempat tanya jg ke kantor pos, kata bapa tukang posnya gak boleh pake prangko, harus pake RLN. jadi ternyata bisa ya, asal ga bunyi. Ok Dens, tq🙂

      • wah, beda-beda ya peraturannya, karena aku kirim koin, gantungan dll smua pakai prangko alhamdulillah sampai. tapi kalau mau lebih aman memang sebaiknnya pakai RLN karena ada nomor resinya. oke terimakasih kembali🙂

  63. Kak saya tinggal di jakrta selatan, mau kirim surat ke depok dan ke medan. Tadi di pos keliling, suratnya saya masukin amplop dan saya kasih prangko 3000 di setiap amplopnya. Tadi sih saya yakin itu udah cukup. Tp kata bapak saya itu mah ga cukup paling ga kekirim. Yah saya panik Kak harusnya pake prangko brp sih Kak? Trimakasih🙂

  64. ka maaf kalo ke korea gimana yah? saya cuma mau ngirim surat tulisan tangan dan mungkin disisipi foto 1 atau 2.. sebaiknya gimana yah ka?
    mohon penjelasannya yah ka

  65. Dan aku baru baca lagi ternyata artikel ini diperbaharui. Aku baca ini waktu masih newbie PCer dan sekarang udah setahun lebih, ngga berasa…
    Tapi buat sharing aja
    1. Aku masih pake prangko 5000 ke Eropa dkk (karena masih berpatokan sama postingan mbak Denissa tahun lalu, haha). Dan sampai walau emang butuh waktu 3 mingguan sih, yang penting sampai, hihi..

    2. Yang aku penasaran kalau berkirim kartu pos tapi amplop tertutup, ternyata sampe hampir 30rb lumayan juga ya

    Bookmarked ah, kali aja diperbaharui lagi
    Terima kasiiiih

  66. halo mbak, saya baru join postcrossing dan buta bgt sama dunia kirim2 surat .. saya diminta kirim postcard kerussia kira2 biaya prangko sama pengirimannya brp ya ? ga ngerti soalnya . kalo tanya ke bapak2 pos nya takutnya malah dimahal2in , terima kasih sebelumnya

  67. halo kak! maaf nih, mungkin pertanyaannya uda sering ditanyakan, cuma saya pribadi masih kurang jelas masalah kirim mengirim menggunakan amplop. Itu kalau kirim pakai amplop dan biayanya mencapai sekitar 30rb’an, apa ada kak perangko 30000? atau ngasih perangkonya lebih dari satu sampai jumlahnya 30000’an?

  68. Halo kak, salam kenal. Aku mau kirim surat postcard di amplop ke Prancis. Kalau boleh tau Postcard yang bagus itu beli di mana ya? Terus kira2 pakai prangko yg berapaan? Makasih

    • halo, untuk ilustrasi/ gambar bisa klik beli postcard di blog ini. tergantung selera aja, mau kartu pos foto/ gambar ilustrasi? kalo foto bisa ke patw kalau illustrasi peta/ ilustrasi
      makanan/ bisa ke gambar kami di posnesia , instagram @haloposnesia🙂

    • halo, isinya dengan nama lokasi, misal rumahnya di Bogor, maka ketik B saja sudah ada kata Bogor, Jawa barat. lalu klik.
      mereka akan refresh dan mencari sendiri. Jangan di ketik manual “bogor” semoga bisa menjelaskan😉

  69. Nih kemarin baru pertama kali kirim postcard ke russia, kena 10000. Awalnya kata si bapaknya 5000, cuma biasanya lama kalo russia jadi dikasih 10000 biar cepet. trus keinget blognya kak denissa kalo ke eropa kan 8000, cuma yauda gapapa lah kali aja emang lebih cepet sampe😐 xD

  70. kak aku kan dapet kiriman surat dari korea bulan januari,, naaah sampai sekarang belum sampai juga😦 gimana ini😦 apa bisa ngambil di kantor pos?

  71. Mbak, kalo surat beratnya 22 gr, bisa ‘dipaksa’ pake tarif 20 gr ga ya? Abisnya aku mau kirim ke China, UK, sama Brazil. Bisa tekor nih kalo aku pake tarif 20-50 gr :p

  72. Mbak beberapa hari yang lalu aku kirim postcard ke Eropa pake prangko 7rb, sama USA 8rb, kira2 nyampe nggak ya mbak? Soalnya pas aku baca postingan ini ternyata nambah seribu ya buat ke masing2 benua

  73. Kak, di postcrossing.com itu nggak bisa request penerima ya? Maksudnya yang seumuran kita gitu? masa aku dua kali kedapetan yang sudah nenek.😦

  74. halo,saya lg iseng ketemu blog ini seneng sekali bisa berbagi mengenai post card,
    mau tanya mungkin ini pertanyaan yang sering ditanyain, tapi saya masih kurang ngerti ka huhu.
    jadi gini saya mau kirim 3 buah postcard ke germany dalam 1 amplop menggunakan perangko.
    sy baca di coment2 diatas kalo ke sana dengan amplop dan lebih dr 1 post card pake perangko 29 rb ya ?
    itu tuh emg langsung ada perangko nominal segitu ? atau kita tempel beberapa perangko sampai nominal 29 rb ? makasih ka dennisa maaf ya ini pertama kali banget kalo urusan perangko dan surat menyurat😉 ditunggu balesannya…

    • 29ribu itu beberapa perangko.🙂 nominal tertinggi biasanya yang dijual diloket 5ribu. tapi kalau di filateli ada yg 10rb, 15rb 1 prangko🙂.

      oya 29rb itu untuk 100gr, kalau hanya 3 postcard pakai 15rb aja

  75. kak, aku mau kirim surat (amplop) ke netherlands sama california. itu kalau pakai perangko harganya brp ya? terus beli perangko nya dimana?

    • Beli prangkonya bisa di kasir pos, atau di bagian filateli juga ada..
      harganya tergantung berat paket yang akan dikirim. Kalau sampai 100gr berdasarkan pengalaman, pakai prangko senilai +-35rb untuk Amerika🙂

  76. Kak,aku mau Kirim postcard tanpa amplop ke china,kira-kira brapa ya biaya masing masing kalau pake prangko atau pake ems?

  77. Beruntung bgt nemu blog ini,,bantuin dong denissa,mau nanya nih,aku dari bandung dan mau ngirim surat undangan ke bandung,garut,jakarta,surabaya,makasar,papua, itu pakai perangko yang berapa ya,kemarin aku beli ke pos terus dikasinya perangko yang 3000,4000 sama 5000.

    • halo, wah aku belum pernah kirim surat undangan via pos. tapi aku biasanya kalau dapat amplop berisi kartu pos dari teman teman di luar kota (di indonesia )pakai prangko yang 5ribu. sampai,🙂

      • Mba mau sedikit share nih. Tgl 4 kemaren aku ngirim surat + souvenirs (2 keychains + 1 coklat kecil) ke Belanda via RLN. Tgl 13 dia ngabarin kalo udh nyampe paketnya. Trnyata cpt juga kok RLN gak butuh berminggu2😉

  78. Mbak Denissa, saya sering kirim postcard ke Asia Pacific Zone 1 dgn tarif Perangko IDR25,000
    Zone 2 IDR26,000
    Europe IDR28,000
    USA IDR30,000
    Kok bisa gak sama tarifnya dgn tarif yg mbak denissa pajang di atas, mohon pencerahan nya ya mbak, thank you in advance 😊

    • ke Asia, sebenernya 7ribu juga cukup. Teman-teman saya juga kirim dengan tarif berdasarkan tabel di atas, sampai,.
      mungkin itu kebijakan kantorpos tempat mas Abdul tinggal?
      yang di tabel ini sudah diupdate dan memang dari kantorpos jawa barat🙂
      sayang kalau sampai duapuluhribu lebih itu,hehe

  79. Mbak, mau nanya, tarifnya terakhir masih sama atau belum diupdate? Saya pernah coba kirim surat ke US (beratnya tidak sampai 50 gram) Kena biaya prangko 20ribu, sementara di list ini 16ribu. Apa memang pegawai posnya yang membuat saya pakai prangko ‘lebih banyak’ dari seharusnya atau memang sudah naik? Yaa, gapapa sih kalau memang lebih banyak, cma sekedar penasaran.

    Lalu seandainya saya kirim barang lain (misalnya gantungan hp di dalam amplop) via surat perangko bisa ga ya? Atau harus surat/print material saja? Thanks!

    • iya biasanya kalau tanya dulu di loket biasanya sama petugas diminta lebih prangkonya. padahal sama aja sih sebenernya. acuannya ya surat ini, dari pemerintah pusat, sudah diupdate. kalau mau aman kirim pakai RLN, kalau santai pakai Pos aja, benda kecil biasanya sampai kecuali terlalu berat tapi kurang prangko

  80. Hi.. boleh nanya ga? aku masih awam bgt jadi maaf klo pertanyaannya terdengar bodoh(?)
    Aku itu mau ngirim 1 foto ke u.k. itu klo pakai kartu pos+fotonya dimasukin ke amplop bisa ga sih? Soalnya mau ngirim kata2 jg.. Atau kirim surat biasa aja? tarifnya kira2 lebih baik yg mana? Dan yang lebih menjamin bakal sampai yang mana?

    Maaf banget aku banyak nanya dan pertanyaan aku ga banget(?)🙂

    • halo, bisa dimasukkan ke amplop isinya foto+ kartu pos + surat (misal).

      baiknya kalau ingin pasti sampai pakai RLN, sekitar +-35ribu untuk paket ini.
      kalau prangko bisa, tapi lebih lama sampai, dan belum ada kepastian sampai. pakainya prangko +-20rb cukup

  81. Kak, suratku kok dikirim balik ke rumahku ya? Padahal aku udah pake prangko cukup (7000 ke lithuania, beratnya 15gr). Atau mungkin gara2 aku ketahuan masukin koin ya?😦

  82. Halo kak, mau tanya, tarif itu berlaku juga buat surat dgn amplop? Lalu kalo mau kirim ke luar negeri, perlu pake amplop yg airway garis2 itu nggak? Thanks

  83. Kak, aku nanya lagi, emang tarif yang ini udah lama ya? Tadi aku kirim surat ke USA pake prangko 3000×3, kata mbak2nya itu tarif lama😦

  84. Hi! Aku baru nemu ini blog.. kebetulan aku punya temen d daerah Tunisia – north africa.. aku mau kirim gelang & postcard tp ga taw pakai prangko brp… ada saran?

  85. halo kak! aku nyoba kirim ke hongkong pake perangko sekitar 40gr masa 12rb. pdhl di kantor pos lain ada yg blg semua dipukul rata kalau keluar negeri. mohon info nya kak, habis kadang abang pos nya ngga tau harga keluar negeri trs asal aja/emg ngemahalin:((

  86. Hallo kak, sebelumnya makasi banyak gegera rajin mantengin blog ini saya sudah praktekin kirim paket RLN ato Postcard ke luar negeri ga ada masalah. hohoho🙂 , anyway mau tanya kakak pernah kirim postcard buat US Military gak kak? jadi ada alamat APO-nya gitu, saya ada temen disana cuman saya ragu pos kita bakal nolak postcard kita gara2 kalo kirim ke APO itu tidak ada tulisan domisili negaranya, temen saya disana sih ngeyakinin saya kalo itu alamat overseas jadi ndak perlu ditambahin tulisan USA. Mohon pencerahannya ya kakak, terima kasih😀

    • Halo, wah senang juga sdh membantu,, sejauh ini belum pernah kirim surat untuk US- Military. Walau pun itu alamat overseas, tambahkan aja tulisan USA nya untuk memudahkan bagian penyortiran di kantor pos🙂

  87. Halo aku mau nanya nih, kalau mau ngirim kyk kartu lebaran gt ke antar provinsi, nah estimasi sampainya gimana ya? soalnya biar gak terlalu cepat atau terlalu lama dr lebaran hehe, tolong jawabnya makasihhh🙂

  88. Halo kak, aku mau nanya. Aku mau ngirim 2-3 postcard (di dalam satu amplop) ke Shanghai. Kira2 pake layanan pos yg mana ya? Terus kalo ngirim gitu bisa pake lebih dari satu prangko? Aku ga ngerti, belum pernah ngirim pos gitu soalnya. Tolong jelasin yaa kak. Makasih banyak ^^

    • kalau ke china prangkonya 7rb, 7ribu itu bisa prangko 3500 sebanyak 2 prangko. atau 1 prangko 7ribu. atau pakai 1 prangko yang nominalnya lebih dari 7rb.

      kalau ingin pasti sampai, sebaiknya pakai RLN.😉

  89. Assmualaikum…
    kak kira-kira kalau kirim surat dari kota Surabaya ke Jakarta itu tarifnya kena berapa yh :3 ?_?
    terus jalau misalnya aku mau kirim surat/kartu ucapan HBD itu make perangko terserah kah ??
    aku masiih bingung, soalnya aku masih pertama kali kirim surat :3
    tolong donk kasih tau caranya -_-
    ditunggu jawabannya.
    Thank ngakut kayu Thank You ☺☺
    .

    • walaikumsalam,
      kalau kirim surat bisa dicek tarifnya di wweb pos indonesia ya, pakai surat tercatat. kalau via prangko pakai 5rb aja.😉 sekitar 5-7 hari pakai prangko. tapi sebaiknya pakai surat tercatat aja🙂

  90. Kalo saya pernah nyoba ngirim ke Rusia menggunakan perangko 3ribuan sampai sekitar satu bulanan, semenjak saat itu selalu pake yg 5ribuan kemanapun, dan selalu sampai tujuan, hehe berdasarkan pengalaman semakin mahal perangko juga ga menentukan kok semakin cepet sampainya,

    • halo, maaf baru dibalas,
      tarif normalnya 9ribu ke amerika. Pakai prangko lebih banyak juga tidak menjamin, kalau ingin cepat sampai bisa kirimnya pakai surat tercatat aja (RLN) dan di dalam amplop. sementara kartu pos nya tetap ditempel prangko, dan minta cap pos sama petugas posnya, lalu dimasukkan keamplop dan kirim via RLN. tapi pastinya dengan cara itu lebih mahal biayanya.

      abisnya 9 rb + 4 rb (kartu pos) = 13rb

  91. Maaf mau tanya dong, berhubung aku pemula. Kalo mau kirim paket ke Jepang pake prangko kira2 berapa ya? aku mau kirim paket yg beratnya >200gram isinya teh, koin, postcard, foto, sticker gitu deh. mohon bantuannya^^

  92. Halo~ mau tanya sesuatu dong hehe. Misalkan saya mau kirim amplop untuk korea selatan, kira kira butuh berapa banyak perangko? Apakah perangko itu berharga satuan 7000? Tapi katanya kalau amplop ada kerahasiaan, jadi kira kira harga satuan perangkonya berapa?

  93. Halo~ mau tanya sesuatu dong hehe. Misalkan saya mau kirim amplop untuk korea selatan, kira kira butuh berapa banyak perangko? Apakah perangko itu berharga satuan 7000? Tapi katanya kalau amplop ada kerahhttp://m.youtube.com/watch?v=W6Ro54J3e8wasiaan, jadi kira kira harga satuan perangkonya berapa?

  94. Kak Denissa, kalau mau kirim kartu pos kan (kalo aku) tinggal minta perangko aja tuh, terus langsung di-“tok” alias distempel sama petugas posnya dan langsung diterima buat dikirim. Nah, andai kata aku mau kirim kartu natal yang dimasukan amplop, kira-kira semudah kirim kartu pos nggak ya? Atau pake ditimbang-timbang dulu? Aku rencana kirim kartu natal ke luar soalnya.. Makasih banyak, kak. Maaf agak blo’on, masih amatir soalnya.🙂

  95. nanya dong, saya awam banget soal surat menyurat, niatnya mau ngirim Fanmail (berbentuk surat, mungkin ada buku jg) ke London, kira2 bagusnya pakai apa ya? lalu, kalau sy mau sertain amplop balasan (supaya dr sana tinggal ngirim balik, disertai perangko utk kirim balik ke indo) itu gmn ya? dimana bs beli perangko UK di indo? sy pernah tanya pak pos, ktnya gak ada perangko internasional . ada solusi gk ya? trims.

    • halo, sebaiknya pakai RLN/EMS aja karena akan lebih terjamin sampai. Lalu untuk surat balasan harus pakai prangko dari sana, tidak bisa pakai prangko dari indonesia. Untuk beli prangko UK di Indonesia bisa coba dicari infonya diwebsite pos nasionalnya di UK http://www.postoffice.co.uk barangkali ada pilihan untuk beli perangko online dari UK untuk dikirim ke Indonesia

  96. selamat pagi, kak mau nanya, saya mau ngirim surat ke gubernur USA, kira kira pakai perangko berapa agar bisa sampai?? jika dimasukkan dalam kotak pos, apakah suratnya akan nyampe dengan aman? terima kasih

      • Surprisingly, postcard saya yang cuma ditempel perangko 4000 sampe juga ke tujuan *senang bahagia

        Tapi jadi lama banget bisa sebulan baru sampai, ngirim awal november sampai tanggal 1 desember kemaren haha, malah bareng sama postcard yang saya kirim ke Jepang (tapi perangko tempel 8000 *sudah tobat ngirim mepet harga perangkonya) satu minggu lebih lama dari postcard ke Malaysia

        jadi ketagihan btw😀

  97. kak mau tanya harga pada tabel diatas masih berlaku sampe sekarang gak ya? soalnya kemarin saya kirim surat buat penpal di Malaysia dikenai tarif prangko 25.000 padahal beratnya gak nyampe 20gr. Terus pas saya nunjukin tabel di atas kata petugasnya itu udah gak berlaku lagi. Mohon penjelasannya kak. Terima kasih🙂

  98. Kak Denissa.. saya pernah mengirim postcard akhir november lalu ke jerman dengan perangko 8rb tapi sampai sekarang belum sampai di tempat tujuan. Biasanya itu karena apa ya kak? Apa postcardnya hilang di tengah jalan? Makasih kak🙂

    • halo, ditunggu aja ya, mengirim kartu pos memang cukup memakan waktu, mungkin terpotong liburan akhir tahun, (natal dan tahun baru), juga banyak barang yang dikirim-kirim pos dari negara ke negara lain.🙂

  99. kak masih bingung deh cara kirim surat biasa ke temen di luar negeri. mulai dari amplop yg digunakan, perangkonya, letak penulisan alamatnya, dan cara utk dpt surat balasan dari sananya. maaf kak, masih ga tau apa2 soal surat-menyurat ni.

  100. Salam Postcrossing

    Tanggal 8 Desember 2015 lalu saya juga sempat mengirim kartu pos ke Jerman dengan prangko 8 rb dan baru sampai tanggal 7 Januari 2016 (30 hari), dan menurut saya berkirim kartu pos ke Russia dan Amerika memakan waktu yang lama sebab ada 2 kartu pos saya ke rusia (pakai prangko 8 rb) dan 1 kartu pos ke US (Pakai Prangko 9 rb) yang masih belum sampai ke tujuan padahal sudah 35 hari….

  101. maaf nih mau tanya mbak, kalo kirim surat pake amplop ke polandia biayanya masih berlaku ya yg diposting diatas? dan biasanya amplop itu beratnya berapaan sih maksimal? dan satu lagi, saya mau kirim surat sekaligus nyelipin uang kertas lama untuk dikasih teman disana, apakah itu bisa kirim uang ke luar negeri tanpa dikenakan biaya tambahan? terima kasih ya

      • Wah terima kasih ya mbak udah dijawab.. Oh iya, kalo mau ke kirim ke luar negeri sperti itu biasanya klo cuma satu surat langsung dimasukin ke bis surat atau kasih ke petugasnya langsung? Harus ditimbang juga kah wlaupun cuma satu surat? Maklum baru pertama kali kirim ke luar negeri, sorry bnyak tanya🙂

  102. Tabel harga diatas masih berlaku sampai sekarang? Soalnya saya kan baru ikut postcrossing, saya belum ngerti harga perangko bisa berubah2 di tiap kantor pos. Di kantor pos cabang dekat rumah, kirim postcard ke Russia, Usa, Germany, sama Netherlands dan 1 surat ke Russia seberat 21 gram. Semuanya dikenai msg2 15 ribu.
    Lalu besoknya saya ke kantor pos pusat, tanya biaya kirim postcard, jawabanya beda. Kalo negara2 di Eropa n Usa n semua yg diluar benua Asia, postcard 10rb saja. Negara2 di Asia 7 ribu saja. Kalo berupa surat baru ke semuanya 15 rb per 20 gram.
    Kok bisa beda2 ya? Padahal waktu saya tanyai semua pegawainya liat ke computer buat cek harga. Apa tabel harganya beda. Padahal ini msh kantor pos di dlm satu kota. Dalam satu kota aja bisa beda harga.

  103. Mau tanya lagi nih.. kalau postcard boleh tidak ya di tempel dengan kertas (bukan stiker) seperti kertas kado pada bagian bawahnya? saya ingin memberi hadiah pembatas buku (dengan memanfaatkan postcard) kepada teman di Slovakia.. apa bisa? terima kasih😀

  104. Hallo🙂

    Trims untuk sharingnya. Saya baru mulai postcrossing beberapa minggu ini dan sudah mengalami tarif yang berbeda-beda.

    Tgl 13 Februari 2016 saya ke Kantor Pos TA untuk kirim kartu pos ke Hongkong, menurut petugas, tarifnya Rp 10.000,00.
    Tgl 18 Februari 2016 saya ke Kantor Pos BG untuk kirim kartu pos ke beberapa negara di Asia & Eropa, menurut petugasnya tarif flat ke semua negara Rp 20.000,00 untuk 20 gr pertama.
    Esok harinya saya telepon ke kantor pos pusat di Surabaya ttg perbedaan tarif, diberitahukan bahwa tarifnya beda untuk tiap area.

  105. Hallo..
    Thank you for sharing.🙂 Aku ada pertanyaan nih. Jadi aku punya temen dia kirimin aku kartu pos dari Perancis waktu dia liburan bulan Agustus kemarin. Dan sampai sekarang, nggak nyampe-nyampe ke aku.. Aku tinggal di Surabaya. Kira-kira.. Kamu tau nggak gimana cara nge-track keberadaan kartu pos tersebut?🙂

    Thank you so much for answering

  106. Halo Mbak saya mau tanya dong, saya ada rencana mau mengirimkan kipas lipat buat teman saya di Korea. Sudah saya bungkus pakai amplop coklat dan pakai bubble wrap (karena takut patah). Apa boleh kalau saya hanya pakai perangko saja? Tidak berat sih itu, soalnya kalau saya lihat kirim paket kesana mahal sekali bisa ratusan ribu. Terima kasih Mbak.:)

      • Apakah ada perubahan tarif Mbak untuk yang sekarang? Saya masih menemukan tarif yang lama untuk perangko. Agak sayang juga sih Mbak karena harga barangnya yang ga seberapa sedangkan ongkos kirim menggunakan RLN sangat mahal bagi saya. Makanya saya berencana menggunakan prangko.:D
        Saya agak bingung menggunakan web pos untuk mengecek harga RLN. Kan disitu tertulis surat RLN, apakah tetap boleh mengirim barang?

  107. kalo kirim undian, isinya bungkus kosong minuman sasetan n data diri sebaiknya pakai perangko atau ditimbang?
    jumlahnya ada lebih dari 10 amplop, thanks.

  108. Saya mau tanya,
    – Bedanya postcard sama surat biasa apa ya ?
    – Apa yang dimaksud dengan dokumen dan barang? Kalo surat biasa yang dimasukin dalam amplop itu masuknya ke dokumen/barang?
    – Berapa harga kirim surat ke amerika yang tidak menggunakan EMS ?

    • halo, kartu pos adalah kartu yang berisi pesan, dimana pesan dituliskan di kartu tersebut. Sementara untuk surat pesan ditulis di kerta s lalu dibungkus amplop.

      kategori dokumen, setahu saya jika kiriman dibawah 2 kg, dan berbentuk bukan barang. Surat biasa masukknya kategori dokumen.

      untuk memastikan harga terupdate bisa dicek langsung di website pos indonesia.

  109. Halo kak denissa! Saya baru nih di dunia penpal ke luar negeri. Sebenernya dulu sering kirim ke rusia tapi karena itu program sekolah jadinya sekolah yang ngurusin aku tinggal terima aja 😅
    Sekarang aku lagi mau ngirimin surat ke Jepang tepatnya di Okinawa. Nah, okinawa itu kan lumayan terpencil dari ibukota jepang, apakah biaya kirim suratnya? Suratnya kira-kira isinya 1 gantungan kunci, 2 permen, 1 koin, dan 2 lembar surat. Perkiraan harganya berapa ya?
    Terimakasih
    Looking forward for your reply☺

    • Halo Isna, meskipun Okinawa itu kota terpencil di Jepang, biaya kirim nya dari pos tetap sama ke satu negara Jepang. Biayanya kamu bisa cek di tabel , kira kira 100grm berarti 24 ribu.😉 itu kalau pakai prangko ya. kalau pakai RLN atau surat tercatat lainnya bisa dicek di website pos indonesia:)

  110. Hai kakmau nany ni..q kanbener2 baru mau nyobain kirim kartu pos ke india. Nah yg mau q tanyain tuh beli pos card yang bagus beserta prangko yang bagus tuh dimana? Apa dikantor pos juga?
    Lalu cara mengirimnya apakah tinggal tempelin prangko trus dimasukkan ke kotak pos yg ada disana atau gmn?
    Trus prangkonya pake yg brp ya?
    Maaf byk nanya soalnya baru mau mulai kirim ke luar niee..
    Thx b4 ya kak🙂

    • halo silvia, kalau prangko bisa dibeli di kantor pos yang, lebih bagus lagi beli di kantor filateli/ pojok filateli di setiap kantor pos pusat dikotamu.

      ya, cara kirimnya seperti itu.

      beli kartu pos yang bagus tergantung tema, sukanya seperti apa. kalau suka yg gambar-gambar/kartun ilustrasi tentang Indonesia bisa ke Posnesia😉 (IG @haloposnesia) http://www.kartuposnesia.com

      kalau gambar pemandangan/ photography bisa ke the-PATW.com

      prangko ke india pakai yang 8rb aja.😉
      smoga membantu.

  111. Kak, kalau kirim ke china sama taiwan 7rb cukup kan ya? Sama kalau mau kirim kaya kartu lebaran gitu tarifnya berapa ya? Kartu lebarannya di amplopin sih. Tarif ke luar negri sama ke dalam negri ya kak 😊

  112. hai kak, mau tanya dong. saya mau kirim surat dan kartu pos ke perancis. kira-kira pake perangko kah? kalo pake ems kemahalan buat saya. kalo pake perangko kira-kira pake yang berapa ya? terimakasih sebelumnya kak

  113. wah seruuuu ternyata ada blognya. Salam kenal kak denis.

    Btw mau tanya dunks. Aku ngirim surat ke thailand dan vietnam sudah dua bulan lebih gak sampai2 sedangkan ngirim ke Jepang/Eropa/USA sampai semuanya meskipun durasi agak lama. Dan saya kirim semuanya dengan perangko sama 15ribuan saja. Ada yang pernah mengalami seperti ini gak? Penasaran nanti bakalan sampai gak seh? Padahal klo diliat jarak, deket banget tuh 2 negara, tapi kok suratnya ndak sampai2,huhuhuhuhu

    salam kenal semuanya

  114. Permisi kak , mau tanya kalau ngirim postcard ke rusia itu pakai prangko yang berapa ya terus berapa jumlah prangkonya?, trmakasih .

  115. Halo Kak Denissa, aku mau tanya kalau misal kita kirim postcard tanpa dimasukkan amplop. bener-bener hanya postcard sama perangko gitu tetep bsa sampai kah? Soalnya kupikir pake EMS terlalu mahal bagiku :(( Makasih informasinya kak.

    Salam kenal,
    Nurul

  116. Hai Denissa…
    Mau tanya dong kamu pernah ngga kirim handmade postcard? Kalau card buatan sendiri itu ada aturan ukurannya atau bebas ya supaya bisa dikirim?

    • halo, pernah. seukuran postcard normal (15×10),, yang terpenting kertasnya tebal. misalnya 310gsm/ 260gsm. kalau seperti sampul karton buku tulis; itu masih terlalu tipis. karena diperjalanan akan mudah sobek/rusak

  117. Halo kak
    Mau tanya, itu daftar tarifnya masih up-to-! date kah?? Soalnya aku join grup yg di FB utk cek daftar tarif lengkap kayak yg kakak bilang tapi belom direspon ^^
    Please infonya ya kak
    Thx~

  118. Halo mba~ makasih banyak buat info2nya sangat membantu🙂
    Oiya mba, apa tarif yang di kolom itu kira2 masih berlaku atau sudah berubah ya? Soalnya nggak tau harus cek kemana, cuma disini aja ada info tarifnya
    sekali lagi maksih infonya ^^

  119. Saya mau tanya untuk warga yang tinggal di Jakarta. Karena saya baru menetap di Jakarta. Apakah sangat lama menerima postcard/surat dari luar negeri dengan menggunakan perangko ?

  120. Halo kak. Itu aku baca di atas kirim RLN 100gr ke Polandia kena bea Rp 49.000,-. Itu semua surat yang kita kirim ke luar pasti kena pajak atau ada penghitungan dan aturannya sendiri kak? Terima kasih.

    • Jika ada nilai barang, maka ada pajaknya. Tapi jika tdk ditulis nilai barangnya maka tidak akan ada biaya tambahan. Nanti kasirnya yg akan bertanya ttg nilai barangnya berapa. Jk tdk mau kena pajak bilang saja, surat pribadi, tidak perlu pakai nilai barang 😉

  121. Hai mba denis, baru nemu blognya ini, mau ty mba, aq lg nunggu surat dari malaysia dikirim akhir september ini, kty pakai pos malaysia, gimana caranya aq ngecek sdh sampai mana krn ga pakai no resi, kata pengirimnya cuma pakai stempel pos aja kaya pakai perangko. Biasanya brp lama sampainya mba? Tks mbaa

  122. Halo kak Denissa, terima kasih atas info dan panduan berkirim kartu pos ke luar negeri.
    Saya juga mau share, melihat masih banyak yang ragu dengan tarif postcard yang dicantumkan di artikel kakak.

    Saya baru saja mengirim kartu pos tanggal 29 Oktober 2016, dengan tujuan ke Brazil (Amerika Selatan) dan Jerman (Eropa). (dari kantor pos biasa di Bandung)
    Begitu masuk kantor pos, saya langsung ke loket secara acak (soalnya loketnya banyak dan ga ada tulisannya loket apa).
    Petugas pos (saya singkat PP) bertanya ada keperluan apa. Saya jawab “mau beli perangko, yang 10,000an ada ga ya?”
    PP tanya lagi, “untuk apa?” Saya jawab “untuk kartu pos.”
    PP langsung bilang, “oh untuk keluar negri ya? Ada 5,000an dan 3,000an.”
    Okelah saya lihat perangkonya dan memutuskan untuk ambil perangko 5,000 empat buah (karena gambarnya lebih lucu dibanding yang 3,000an garing haha)
    Tanpa tanya berapa tarif kartupos ke negara tujuan, langsunglah saya tempel 2 buah perangko 5,000 masing-masing di postcard Brazil dan Jerman. Jadi tiap kartu pos tertempel prangko senilai 10,000. (males tanya soalnya kantornya lagi rame)
    Selesai tempel prangko, saya serahkan ke PP tadi. Sambil berjalan meninggalkan kantor pos, saya perhatikan PP melihat (sepertinya) negara tujuan postcard, setelah itu langsung di cap. Beliau gak manggil saya. Itu artinya, perangko yang saya gunakan sudah mencukupi (bahkan mungkin lebih).

    Saya lihat di perangko tertera tulisan tahun 2013. Jadi, berasumsi keluarnya perangko menyertai keluarnya keputusan tarif layanan pos dari pemerintah (per lima tahun), tabel tarif di atas masih resmi berlaku hingga sekarang.

    • Halo Moya, terimakasih sudah sharing pengalaman kirim kartupos nya. Saya pribadi sudah cukup jarang mengirimkam kartupos dengan prangko. Jadi pengalamanmu bisa buat teman teman yang bingung tentang masih berlaku atau tidaknya artikel yang saya tulis. Makasih ya sudah sharing di sini. 😉 selamat bertukar kartupos🙂

  123. Halo kak,mau nanya nih
    Saya udah gabung postcrossing kurang lebih 2 bulan yg lalu,dan saya udah kirim postcard kira kira 8 lah. Tapi setelah postcard pertama saya sampai ke alamat tujuan,hampir 1 bulan belum nerima postcard dari random member satupun😦 padahal alamatnya bener lho…kira kira kenapa ya?

    • Halo, mungkin kartuposnya lagi disortir oleh negara pengirim. Kebanyakan pengguna postcrossing dari rusia, China.. Jika dapat dari negara tsb kemungkinan memakan waktu sd 2 bulan untuk sampai ke tangan kita. Bersabar ya🙂

  124. Hai Denissa terima kasih atas infonya yaa berguna banget buat pemula seperti aku 😊
    Aku mau nanya nih kalau kirim ke Australia baiknya pakai perangko yang berapa ya?

      • kak, maaf butuh bantuan ni.. masih nggak faham.
        kalau kirim surat trs dimasukin amplop ke USA butuh perangko berapa ya?
        trs kta beli prangko di loket kantor pos bisa nggak?

      • Kalau surat ( memakai amplop) harganya lebih mahal dibandingkan kirim tanpa amplop. Sebaiknya kalau surat pakai RLN aja, supaya lebih terjamin sampai🙂. Prangko bisa dibeli di kantorpos di loket/ bagian filateli kantorpos besar

  125. sebenarnya suratnya nggak penting sih kak lama pun gpp, memangnya kalau kirim surat (ber amplop) dipaksain pke prangko gk bisa ya kak? trs bolehkah surat tnpa amplop?

  126. oh, klau gk terlalu berat gak nyampe 29000 ya kak? soalnya di tabel 20 gram smpe 50 gram ke Amerika = 16.000.
    prangko utk berkirim keluar sama dlam negeri sma aja kan ka?
    maaf ni nanya trs.

  127. Salam..
    saya mau tanya..
    barang saya dikirim dari Belanda Sudah beberapa bulan lalu,
    tpi kenapa blum sampai Papua??
    kirimnya pakai Perangko,
    jadi tidak ada nmr Resi…
    Dibelanda kan pakai Perangko..
    kirimnya
    dari : Joshua Latusanay
    di Cilemborg Belanda
    Buat : Onesivorus NiBaeLi
    di Jayapura Papua.

    tolong Di cek pak..
    itu brang Penting…

    • halo, maaf ini hanya blog pribadi. Bukan blog dari Pos Indonesia, pun saya bukan karyawan PT Pos Indonesia.
      Untuk mengecek barang kiriman sebaiknya langsung kunjungi kantor pos setempat. Sedikit saran, jika barang penting sebaiknya tidak dikirim pakai prangko, melainkan pakai surat tercatat, supaya ada nomor bukti pengiriman sehingga bisa dilacak oleh kantor pos penerima.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s