Serba-serbi Special Trades

Cinderamata biasanya didapatkan dari sanak saudara atau teman yang pergi ke luar negeri. Namun di jaman yang serba digital seperti sekarang ini, cinderamata bisa didapatkan dari banyak onlinestore. e-commerce pastinya mengharuskan kita membayar biaya ongkos kirim yang lumayan pula. Belum lagi pajak bea masuk dari pos. Lalu, bagaimana jika kita menginginkan cinderamata yang ‘seolah’ gratis?

Caranya mudah saja. Bertukarlah dengan orang asing.  Jika kamu sudah terdaftar di postcrossing.com, kamu bisa join forumnya di sini . Lalu mulailah membuat topik tentang cinderamata yang kamu inginkan di sini.  Kamu juga bisa kirimkan message ke orang-orang yang aktif bertukar cinderamata di forum tersebut.

Kegiatan tukar menukar cendera mata ini sesekali saya lakukan. Mengingat biaya yang lumayan mengirimkan satu amplop dengan berat hampir 100gr beserta isi-isinya. Biasanya saya hanya meminta kartupos khusus dan kemudian saya membalasnya dengan beberapa kartu pos atau pun barang yang saya janjikan sebagai tanda terimakasih.

Barang-barang yang biasa saya kirimkan untuk ditukar atau sebagai tanda terimakasih adalah

1. Bookmarks Wayang

Bookmarks seperti ini bisa dibeli di pasaraya grande bagian crafting. Harganya kalo di sana sih sekitar 20ribu per pcs. Tapi saya beli bookmarks ini di lapak-lapak sovenir seberang Kebun Raya Bogor. Harganya waktu pertama saya beli RP15ribu penjaganya wanita. Kedua kali saya beli di lapak berbeda RP7ribu, dan ketiga kali nya saya beli RP5ribu/pcs. Ya, harga lapak memang agak labil. Padahal saya ngga nawar-nawar loh.. berubah begitu aja. Lain kali saya tawar 10ribu dapet tiga kali ya :p. Tapi kasian abang-abangnya, kan siapa tau jarang ada yang beli.😦

2. Keychain Wayang

Masih di lapak di seberang Kebun Raya Bogor. Harganya Rp5ribu. Mungkin bisa ditawar jika beli banyak. Namun saya cuma beli satu jadinya ga saya tawar. hehe🙂

3. Keychain Bali

Kalau ini nitip sama temen yang tinggal di Bali. Harganya terbilang murah cuma Seribu, sepaket isi 10 harganya RP10ribu. Sekedar info sebenarnya banyak sekali lapak di asemka yang menjual gantungan kunci khas Indonesia dalam satu paket. Untuk yang lagi jalan-jalan ke Jakarta Kota bisa mampir ke Asemka untuk beli gantungan kunci biar lebih terjangkau.

4. Kartu pos

Biasanya saya menyisipkan 3 s.d 5 kartu pos dalam amplop untuk Special trade ini. Harga kartu posnya tergantung tempat membelinya. Biasanya Rp3000 s.d 5.000 per pcs. Untuk tempat membeli kartu pos bisa dilihat di sini.

5. Ginger drink

Nah kalo ini sering diminta sama bule-bule. Minuman jahe ini banyak di supermarket. Harganya sepaketan sih RP8000- RP9000 isinya 5pcs. Kalo menurut saya minuman jahe yang enak itu yang ngga beriklan. Mahal memang karena rasanya, bukan karena ditambah biaya beriklan :p. (maap yah teman teman iklan :p)

6. Tea bags

Kalo teh saya sukanya Tongtji. Rasa tehnya lebih pekat. Tapi sayangnya saya belum nemu yang bisa dibeli di warung seperti teh bendera dan teh sariwangi yang isinya 5 harganya 1500an- 2ribu an. Jadi saya putuskan mengirimkan teh seduh Tongtji di dalam kertas yang sudah dimodifikasi.hehe

Lalu bagaimana mengirimkannya?

Saya baru tiga kali mengirimkan cinderamata dalam amplop tertutup. Perangkonya tergantung berat amplop. Maksimal yang pernah saya kirimkan sih dengan perangko senilai 25ribu; isinya 1 keychain,5 perangko, satu brosur, satu sachet minuman jahe. Amplop akan sampai dalam waktu 3 minggu s.d satu bulan. Kelemahan menggunakan perangko adalah kita tidak bisa melacak sudah sampai dimana amplop kita.

Selain menggunakan perangko kita juga bisa menggunakan Surat RLN biayanya 35ribu (100gr) dengan tambahan pajak 7000. Kelebihan menggunakan surat RLN bisa di tracking walau hanya sampai hari pengiriman ke luar negeri. Saran saya, sebaiknya pakai perangko saja. Tidak perlu +7000 dan orang bule akan senang karena perangko yang kita tempel banyak banget^^.

Kegiatan tukar menukar cinderamata terbatas pada besar benda yang dikirim. Mungkin hanya banknote, koin, bookmarks, keychain, permen, coklat, magnet, tiket atau pun benda kecil lainnya yang bisa disisipkan di amplop. Tapi kegiatan ini boleh dicoba loh bagi yang mau mulai mengoleksi benda dari negeri di seberang lautan🙂.

Masih ada yang kurang jelas?  Tinggalkan komentar aja🙂

lihat barang-barang yang biasanya saya kirimkan pakai amplop + perangko ke sini

PS: pembahasan tentang brand murni opini pribadi bukan untuk menyudutkan atau mendukung sebuah brand.

24 thoughts on “Serba-serbi Special Trades

  1. Pingback: Benda kecil untuk dikirim :) | denissapostcard

    • iah, tapi masih ada anginnya loh, dan bunyi.. tapi udah 4x ngirimin kyk begini tetep aja sampe, ngga disita. Oia, minuman jahe ada yg murah ada yg mahal. tapi yg jelas harga menentukan kualitas sih :p.

      • githu yaa? besok2 mau coba aahh.. pernah sih kirim sekali tapii penerimanya ngga ada kabar berita ngasih tau sampai dengan selamat apa kaga =))

        eh btw, itu sari jahe yang elo pejeng di atas itu kemaren gua liat iklannya di tv lhoo :))

    • halo, ia kalau coklat nampaknya susah ntar di semutin dan mungkin rusak/meleleh. tapi permen masih mungkin dibungkus dgn plastik rapat.

      belum pernah kirim coklat baru pernah permen.
      dicoba ya tradesnya hehe😀
      gracias

  2. halo sis denissa🙂 saya suka sekali tulisannya sangat informatif🙂 oh ya berarti kalo kita mau kirim kartu pos, surat dan bbrp souvenir dimasukkan ke dalam amplop itu harus ditimbang dulu ya? lalu setelah ditimbang itu baru kita tempel perangko sesuai berat amplop+isinya? lalu paling jauh itu berapa biaya perangkonya? mohon pencerhan trims🙂

    • Halo juga, terimakasih sdh berkunjung🙂

      Ia, timbang aja di rumah. Biasanya 100gr Rp25,000 1 bulan nyampe ke benua Eropa. 50gr Rp15,000.
      Biaya itu pukul rata ke luar negeri.
      Sejauh ini baru pernah kirim ke eropa untuk paket dalam amplop. Pernah waktu itu iseng harusnya 25ribu tapi pakai yg 14rb ngga sampe.. Jadi jangan kekurangan😮
      semoga membantu ya.

  3. Mau tanya.. saya ko postcards dr luar negeri ke saya tidak sampe2 ya?
    Apa ya yang salah?
    Mohon bantuannya
    Karena saya baru dalam.ppstcrossing tapi lagi semangatnya ngumpulin postcards
    Terimakasih

    • halo, caranya beli plastik bubble, ada di gramedia harganya sekitar 10-15rb, kalau saya biasanya bungkus pakai plastik itu souvenirnya, lalu tempel kencang di amplopnya pake solatip ke paket lainnya biar ga kemana mana🙂

      • Thanks bgt mba infonya😉
        Mau nanya lg dong kalo ngirim kaos bisa pake amplop dan pake perangko gak ya? Atau harus RLN? Kalo pake RLN dibungkus kardus atau amplop juga ya mba?

  4. Mbak itu ngirimnya pakai apa ya? Saya barusan ke kantor pos tny harga pengiriman surat yg 100gr untuk ke china dan turki. Harganya kok mahal banget, utk turki 375rb dan china 153rb. Tapi liat postingan mbak ini kok tarifnya nggak semahal dpt yg dijelaakan petugas pos ya? Pakai jasa dan jenis pengiriman apa mbak? Makasih sebelumnya🙂

    • halo, jika harganya sampai ratusan ribu, berarti petugas posnya menyarankan untuk pakai jasa EMS. Layanan pos paling bagus / paling cepat sampai untuk kiriman ke luar negeri. Coba ditanyakan jika pakai RLN berapa, harusnya lebih murah dari EMS 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s